Annual Meeting APSPBI-Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Workshop on Autonomous Learning and Teaching through Literature Dihadiri oleh Dosen FKIP UNTIDAR

0
92

Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi tuan rumah bagi dua helatan yang diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu, 28-29 Juli 2017 tersebut. Salah satu tim delegasi berasal dari FKIP UNTIDAR, Magelang yaitu Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd selaku Korprodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Candradewi W Anggraini, M.Pd selaku Gugus Penjamin Mutu PBI.

Pada kesempatan yang merupakan pertemuan tahunan Program Studi, selanjutnya disebut Prodi, Pendidikan Bahasa Inggris seluruh Indonesia tersebut dibahas berbagai macam hal terkait dengan perkembangan keilmuan yang menyangkut prodi. Diantaranya adalah pembahasan intensif pada empat divisi di APSPBI yaitu Divisi Jurnal, Divisi Humas, Divisi Kebijakan Pendidikan, dan Divisi Pengembangan Organisasi dengan fokus pengembangan asosiasi dalam konteks regional.

APSPBI telah memiliki sebuah jurnal OJS yaitu English Language Teaching and Research Journal (ELTR) yang difokuskan pada metodologi pengajaran, kurikulum, peningkatan profesionalitas guru, dan area seputar kajian pendidikan. Pada pertemuan tahunan tersebut ditekankan kembali pentingnya sumbangsih dari setiap prodi anggota bagi perkembangan jurnal ELTR melalui naskah. Selain hal tersebut dibahas juga signifikansi sharing of best practices sehingga diharapkan terjadinya peningkatan kualitas dan mutu terkait prodi diantaranya percepatan studi, bimbingan skripsi, dan kuliah unggulan.

Candradewi menyatakan bahwa pertemuan tahunan APSPBI yang baru pertamakali diikutinya tersebut membawa manfaat yang sangat besar bagi penataan dan pengembangan prodi PBI di FKIP UNTIDAR untuk mencapai mutu yang diharapkan dari berbagai aspek karena secara langsung anggota delegasi dari setiap prodi PBI dari berbagai Universitas di Indonesia dapat berinteraksi dan saling update tren termutakhir dalam dunia Prodi PBI di tempat masing-masing sehingga nantinya kualitas di FKIP UNTIDAR khususnya tidak tertinggal dari Prodi PBI Universitas lain di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Candradewi juga menambahkan beberapa catatan penting yang dapat diambil dari Workshop on Autonomous Learning and Teaching through Literature bersama Andrzej Cirocki, Ph. D. dari University of York diantaranya adalah mengenai konsep Learmer Autonomy yang disesuaikan dengan konteks pembelajaran bahasa Inggris dengan mengaplikasikan teknologi informasi serta desain aktivitas pembelajaran melalui karya sastra dengan menerapkan konsep tersebut melalui outline activities. “Workshop tersebut sangat bagus karena peserta workshop mendapat penjelasan komprehensif mengenai pentingnya Autonomous Learning” tutupnya. (WD)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY