BAKSOS UNTUK TINGKATKAN RASA KEPEKAAN SOSIAL DAN KEAKRABAN

0
69

Mahasiswa Semester tiga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untidar melakukan acara bakti sosial di Desa Giriwetan Grabag Kabupaten Magelang. Acara Baksos dilaksanakan selama tiga hari sejak hari Jumat sampai hari Minggu tanggal 10-12 November 2017.  Pembukaan acara dilaksanakan di lapangan Njebeg pukul 14.30 WIB. Dalam acara pembukaan tersebut Prof. Dr. Sukarno, M.Si meyampaikan permohonan izin dan bimbingan dari seluruh warga Desa Giriwetan agar para mahasiswa dapat belajar hidup bermasyarakat. Dekan FKIP tersebut juga menyampaikan tujuan diselenggarakannya baksos adalah supaya mahasiswa mengenal masyarakat dan dapat menjadi energi penggerak dalam kehidupan bermasyarakat.

Setelah acara pembukaan para peserta baksos dibagi menjadi beberapa kelompok dan diinapkan di rumah-rumah warga yang sebelumnya telah dikoordinasikan oleh panitia. Selama kegiatan baksos, para peserta melakukan berbagai kegiatan seperti beramah tamah dengan tuan rumah, mengajar TPQ, melaksanakan bimbingan belajar, kebersihan lingkungan, memasak, mengajar di sekolah, mengikuti aktifitas tuan rumah, dan lomba-lomba. Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan wajib dikdas dan pendidikan karakter bagi generasi muda bersama para dosen pendamping.

Pada hari Minggunya yang merupakan hari terakhir kegiatan baksos diselenggarakan berbagai kegiatan yaitu penanaman pohon, bazaar baju, bazaar sembako, dan acara hiburan. Selain itu, bantuan sosial berupa sembako terdistribusi dengan baik dan penanaman pohon berjalan dengan lancar dan meriah.

Kesan dan pesan terkait baksos disampaikan oleh Bangkitama Wibi Krismanto mahasiswa PBI smester 3. Dia menyatakan bahwa kegiatan baksos sangat menyenangkan karena warga Giriwetan welcome dan begitu antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan. “Semoga kedepan akan lebih baik dan lebih suskses lagi dalam melaksanakan baksos”, tambah pria yang akrab dipanggil Wibi.

 “Antusias anak-anak untuk belajar sangat tinggi, masyarakat juga bisa menerima kami dengan baik. Semoga warga Desa Giriwetan lebih maju dan lebih baik lagi dalam hal ekonomi, terutama jika kampus FKIP jadi pindah ke desa Giriwetan semoga dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat”, kata Nur Wahyuningsih mahasiswi PBSI semester 3A.

Kegiatan baksos diakhiri pukul 13.00 WIB dan para peserta baksos kembali ke kampus dengan mengendarai angkot desa. Drs. Budiono, M.Pd. selaku ketua tim koordinator Baksos FKIP Untidar 2017 menyampaikan  terima kasih banyak kepada masyarakat Giriwetan yang telah sangat kooperatif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Beliau juga mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh panitia yang telah bekerja keras mulai perencanaan hingga pelaksanaan. “Sungguh saya sangat salut dengan kekopakan dalam koordinasi yang sangat baik. Beberapa kelompok peserta sudah memenuhi kepatuhan dan telah terjalin keakraban dengan para warga, sehingga para warga menghendaki program lanjutan” uangkap Drs. Budiono, M.Pd. (DZ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY