Bingung Publikasi Dimana? FKIP Siap Tampung Artikel Ilmiah

0
229

FKIP Untidar sebagai bagian dari Universitas Tidar yang berbasis riset kembali membuktikan partisipasinya dalam dunia publikasi ilmiah. Setelah melewati proses panjang review artikel, jurnal-jurnal FKIP sudah menerbitkan edisi pertama di tahun 2018 ini. Totalnya ada 7 jurnal di FKIP yang menerbitkan artikel di edisi ini.

Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya yang kini sudah terindeks DOAJ ini menerbitkan 8 artikel untuk tiap edisinya. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching menerbitkan 10 artikel. Indonesian Journal of Science and Education menerbitkan 8 artikel, sedangkan Indonesian Journal of Education and Learning menerbitkan 7 artikel. Keempat jurnal tersebut dapat diakses di laman http://jurnal.untidar.ac.id.

Tiga jurnal terbaru di FKIP yang menyusul terbit yaitu Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), Journal of Research on Applied Linguistics Language and Language Teaching, dan  Jurnal REPETISI: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tak kalah penting untuk meningkatkan akses bagi masyarakat luas, ketiga jurnal tersebut juga sudah berbasis OJS (open journal system). Ketiganya dapat diakses di laman yang berbeda dari empat jurnal sebelumnya yaitu di http://jom.untidar.ac.id. Meskipun ketiga jurnal terbilang baru, tetapi artikel-artikel yang dipublikasikan sudah melewati tahapan penerbitan jurnal yang runtut. Tampaknya jurnal FKIP sudah mulai dilirik oleh banyak penulis, terlihat dari ketiga jurnal baru yang diterbitkan di FKIP sudah ada penulis dari luar Universitas Tidar. Penulis yang berminat untuk menerbitkan artikelnya di jurnal-jurnal FKIP UNTIDAR dapat langsung mengunjungi laman masing-masing jurnal.

Meningkatnya jumlah jurnal di lingkungan FKIP akan menambah khasanah referensi ilmiah. Harapannya semua jurnal di FKIP dapat menjaga ke-eksis-annya di dunia publikasi. “Perlu kerja keras dan kerja sama dari dewan redaksi setiap jurnal agar eksistensi jurnal tetap terjaga” Ujar Siswanto, M. Pd. salah satu dewan redaksi IJNSE. ET

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY