Dekan dan Koorprodi FKIP Rumuskan Dokumen Kurikulum 2017 Bersama Tim Universitas

0
302

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) beserta koordinator program studi (koorprodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) diundang oleh Rektor Universitas Tidar dalam acara penyusunan kurikulum 2017. Acara tersebut berlangsung selama 3 hari, 11 – 13 Mei 2017, di Griya Persada, Kaliurang, Yogyakarta.

“Tujuan acara ini adalah finalisasi Kurikulum Untidar 2017. Harapannya setelah acara ini dokumen kurikulum tiap prodi akan tersusun. Profil kurikulum tersebut diharapkan mengedepankan korbisnis prodi,” kata Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik. Dokumen akademik tersebut selanjutnya dapat dijabarkan menjadi Rencana Pembelajaran Semester (RPRS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“Sebelum acara tersebut, kami telah mengadakan rapat akademik di tingkat prodi. Pada rapat tersebut telah dihasilkan draf kurikulum prodi yang telah diperbaiki,” kata Rangga Asmara, Koorprodi PBSI Untidar. Setiap koorprodi mempresentasikan draf dokumen akademik berupa profil prodi; visi, misi, dan tujuan pendidikan; profil lulusan dan deskripsinya; standar kompetensi lulusan; indikator, bahan kajian, capaian pembelajaran, dan matakuliah; sebaran matakuliah; dan deskripsi matakuliah.

Acara dilanjutkan dengan penyesuaian kurikulum dengan format yang telah ditentukan oleh universitas. Setelah acara, seluruh prodi sudah memiliki draf kurikulum yang dapat dikembangkan menjadi RPS dan RPP.

“Pada kurikulum 2017 nanti, Prodi PBSI memiliki susunan matakuliah untuk menghasilkan 4 lulusan. Profil lulusan utama yaitu guru bahasa Indonesia. Profil lulusan pendukung yaitu peneliti pemula. Profil lulusan lainnya/pilihan pertama yaitu jurnalis/wartawan pemula dan pilihan kedua yaitu wirausahawan bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya,” tambah Rangga Asmara, M.P., saat memberikan penjelasan pada rapat kurikulum fakultas (17/5).

“Profil lulusan Prodi PBI adalah pendidikan bahasa Inggris, edupreneur, dan peneliti. oleh karena itu, 72 matakuliah prodi ini diarahkan untuk ketercapaian profil tersebut,” ujar Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd., Koorprodi PBI.

Dengan adanya kurikulum baru diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan tertib dan sesuai profil lulusan yang akan dihasilkan.WJ

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY