Dosen FKIP ikuti Seminar Manajemen Jurnal

0
268

Selasa, 25 Juli 2017 penerbit Graha Ilmu Yogyakarta menyelenggarakan seminar bertajuk Seminar Manajemen Jurnal yang diikuti oleh para dosen dan staff jurnal di beberapa universitas, sekolah tinggi, dan akademi di Yogyakarta, Magelang dan Semarang. Salah satu dosen FKIP pun berkesempatan mengikuti seminar ini. Kegiatan ini mengambil tempat di The Victory Hotel Yogyakarta mulai pukul 09.00 sampai 12.00. Sedangkan keynote speaker dalam seminar ini adalah Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D. dari UGM.

“Kendala awal pada jurnal yang belum terakreditasi adalah pencarian naskah, namun jika jurnal tersebut sudah terakreditasi, yakinlah banyak penulis yang antre masuk ke jurnal kita.” begitulah kata Paulus Insap Santosa ketika membuka seminar ini. Insap, begitu dia biasa di sapa juga menambahkan untuk menuju jurnal terakreditasi memang membutuhkan waktu yang panjang. Pengelolaan jurnal mulai dari proses produksi sampai proses peer review dan editing diterangkan dengan sangat jelas oleh pembicara utama. Hal tersebut sangat menarik minat para peserta yang notabene masih baru dalam pengelolaan jurnal. Beberapa pertanyaan tentang jurnal dan hal terkait didalamnya pun di sampaikan kepada pembicara seperti plagiasi, jurnal online, kode etik penerbitan dan lain sebagainya.

Atsani Wulansari, M.Hum., dosen FKIP yang mengikuti seminar ini mengungkapkan bahwa banyak ilmu yang dia dapatkan dari acara ini diantaranya adalah syarat tentang jurnal terakreditasi Dikti dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan jurnal. (AW)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY