Dosen FKIP Ikuti Sosialisasi SLiMS, E-Journal, dan E-book

0
153

Perpustakaan Universitas Tidar (Untidar) menggelar Workshop Sistem Informasi Perpustakaan & Sosialisasi E-Book dan E-Journal bagi para pustakawan, dosen dan mahasiswa Untidar. Acara yang dimoderatori oleh Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari, M.Pd  ini berlangsung dua hari yaitu tanggal 20 – 21 Oktober 2016.  Workshop SLiMS (Senayan Library Management System) ini bertujuan untuk mensosialisasikan terobosan baru berupa perpustakaan digital. Lewat perpustakaan digital ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi mahasiswa dan dosen untuk mengakses perpustakaan.

Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. Dalam sambutannya, Cahyo Yusuf mengungkapkan bahwa peran perpustakaan sangat penting bagi manusia sebagai makhluk sosial. Selain itu, Cahyo juga berharap perpustakaan Universitas Tidar bisa memberikan pelayanan yang baik dan nyaman bagi mahasiswa.

20161021-Sosialisasi-E-Journal-dan-E-Book-Untidar-4

Dalam sosialisasi SLiMS ini, Hendro Wicaksono, S.S., M.Hum (SLiMS Lead Developer) menjelaskan bahwa ada rencana program yang akan dilakukan untuk mengembangkan perpustakaan Untidar.   Diantaranya adalah katalog online dan pengembangan Open Journal System (OJS). Katalog online Untidar ini sudah bisa diakses melalui laman www.otomasi.untidar.ac.id/katalog/. Kemudian untuk pengembangan OJS akan dikembangkan. “Sekarang semakin banyak mahasiswa yang datang ke perpustakaan untuk belajar dan berdiskusi.” Kata Kepala Perpustakaan, Dr. Sri Hariyati, M.Pd. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan. Haryati juga berjanji akan memberikan fasilitas yang memadai bagi mahasiswa.

Perpustakaan Untidar telah melanggan E-Journal ProQuest dan E-Book bernama IG Publishing yang bisa diakses secara gratis dilingkungan Untidar. Dwi Janto Suandaru – Marketing Manager Mitra Journal dan E-Book, pembicara pada hari kedua memberikan turorial kepada peserta workshop dan sosialasi cara mengakses E-Journal dan E-Book tersebut.

Endah Ratnaningsih, M.Pd. dosen Pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti acara ini mengungkapkan bahwa sosialisasi dan workshop ini berdampak positif pada pengembangan kreativitas dan mendukung tersedianya referensi yang melimpah baik bagi dosen maupun mahasiswa. Kemudian, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan berharap dengan diadakannya sosialisasi ini, para dosen dan mahasiswa bisa menggunakan E-Journal dan E-Book tersebut dengan sebaik-baiknya. (AW)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY