Dosen IPA Menjadi Pembicara Dalam Semnas ke V Hayati

0
62

Koorporodi Pendidikan IPA FKIP Untidar, Dr. Ahmad Muhlisin, M,Pd. FKIP tampil sebagai pembicara pada Seminar Nasional V HAYATI 2017 dengan tema “Penguatan Pembelajaran di perguruan Tinggi dan Sekolah melalui Inovasi Penelitian dan Pengabdian Bidang Biologi Dasar dan Terapan”. Semnas tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 November 2017 di Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Semnas tersebut mengundang tiga pemateri utama yaitu Dr.Ahmad Muhlisin, M.Pd, dan pemateri lainnya adalah Prof.Dr. Ir.Agus Soegianto, DEA, dan Dr. Sulistiono, M.Si. Peserta yang hadir terdiri atas dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi serta para guru dari berbagai sekolah.

Dihadapan 130 peserta Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. menyampaikan materi “Inovasi Strategi Pembelajaran RMS untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21”. Menurut beliau hal yang dibutuhkan dalam pengajaran di abad 21 meliputi keterampilan berpikir, kolaboratif, dan komunikasi. Keterampilan berpikir meliputi keterampilan berpikir kritis, metakognitif, dan kreatifitas memecahkan masalah. Keterampilan kolaboratif dapat diintregasikan dengan pembelajaran IPA khususnya Biologi. Model Pembelajaran yang digunakan adalah model RMS (Reading, Mind Maipping, and Sharing). Langkah pertama adalah dengan membaca topik yang akan dipelajari, membuat mind map individu dan kelompok, selanjutnya sharing dengan cara mempresentasikan hasil kolaborasi. Adapun keterampilan komunikasi juga diperlukan untuk menyampaikan dan menerima dengan baik setiap informasi.

Dalam kesempatan wawancara Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. menyampaikan rasa bahagianya dapat dipercaya menjadi pemateri dalam semnas tersebut. “Saya merasa senang dan bahagia karena dapat berbagi ilmu dengan para praktisi IPA khususnya Biologi”, kata Dr. Muhlisin, M.Pd. (DZ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY