FKIP ADAKAN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN SEMESTER GENAP 2016/2017

0
41

Peribahasa “Sedia payung sebelum hujan” tampaknya sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan FKIP pada Jumat, 3 Februari 2017. Rapat koordinasi persiapan semester genap yang diselenggarakan FKIP diikuti oleh seluruh dosen FKIP baik dari program studi PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)  maupun PBI (Pendidikan Bahasa Inggris).

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP, Prof. Dr. Sukarno, M.Si., yang menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras seluruh dosen FKIP. Beliau menyampaikan bahwa perkuliahan semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 akan dimulai pada hari Senin, 13 Februari 2017. Hal ini diperkuat pernyataan Wakil Dekan 1, Drs. Hari Wahyono, M.Pd., bahwa perkuliahan paruh pertama berlangsug mulai 13 Februari – 8 April 2017, UTS 10 April – 22 April 2017, kuliah paruh waktu kedua berlangsung mulai 24 April – 17 Juni 2017, UAS 3-15 Juli 2017, dan pengambilan KHS oleh mahasiswa 31 Juli – 1 Agustus 2017.

Prof. Dr. Sukarno, M.Si. menambahkan bahwa pencapaian semester ini menunjukkan hasil yang cukup baik. “Untuk semester yang akan datang, silahkan dosen mempersiapkan diri terkait dengan mata kuliah yang akan diampu.”

Dalam kesempatan ini, Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Malik Al Firdaus, M.Pd., menyampaikan bahwa dosen pengampu Prodi PBI terdata sebanyak 30 dosen (termasuk dosen MKDU), jumlah mata kuliah semester genap 35 mata kuliah, rata-rata dosen PBI mengampu 12 sks, dan ruang perkuliahan menggunakan ruang I, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Micro-teaching, dan ruang A4b4 dan A4b5.

Sementara itu, Pelaksana Koordinator Prodi PBSI, Rangga Asmara, M.Pd., melaporkan bahwa rata-rata beban mengajar dosen PBSI 14 sks, untuk beberapa dosen hanya dibebani kurang lebih 8-12 sks karena pertimbangan penyelesaian studi lanjut. Selanjutnya, ada dua dosen MKDU untuk membantu mengampu mata kuliah Kewarganegaraan pada Prodi PBSI. Rangga Asmara, M.Pd., menyampaikan bahwa perkuliahan Prodi PBSI akan menggunakan ruang I, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Micro-teaching, dan beberapa ruang di gedung Fakultas Ekonomi.

Berkaitan dengan hal itu, Drs. Budiono, M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mengusulkan adanya kegiatan rembug akademik, antara senior dan junior, sehingga terjadi komunikasi yang mendalam dan sharing ilmu. Menanggapi usulan tersebut, Prof. Dr. Sukarno, M.Si., menawarkan solusi pembentukan gugus-gugus keilmuan, sehingga para dosen mampu meningkatkan kepakaran sesuai dengan gugus keilmuan.

Rini Estiyowati Ikarini, M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa Inggris, berpendapat bahwa “Acara ini sangat memberikan manfaat diantaranya berkaitan dengan koordinasi persiapan semester genap, evaluasi kegiatan-kegiatan semester sebelumnya, dan koordinasi anggaran.”  (ER/WD)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY