FKIP Cari Kandidiat Terbaik Duta Bahasa 2017

0
63

Bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa karena menilik dari peristiwa lahirnya bahasa Indonesia saat peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober. Serangkaian kegiatan dalam memeriahkan bulan bahasa siap digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salah satu mata acara yang terselenggara di Bulan Bahasa FKIP 2017 adalah Pemilihan Duta Bahasa FKIP 2017. “Acara ini sudah rutin diadakan FKIP setiap tahunnya untuk tahap awal memilih duta bahasa terbaik di tingkat fakultas yang harapannya bisa melaju terus sampai nasional,” terang koordinator acara Pemilihan Duta Bahasa FKIP 2017, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari, M.Pd.

Mahasiswa dari setiap angkatan, mulai dari semester 1, semester 3, hingga semester 5 diminta berpartisipasi secara aktif dalam Pemilihan Duta Bahasa FKIP 2017. Hal itu bisa ditunjukkan dengan mendaftarkan diri menjadi peserta. “Saya mewajibkan masing-masing kelas mengirimkan 2 perwakilan terdiri dari laki-laki dan perempuan. Perwakilan yang ditunjuk saya harap tidak asal saja, melainkan mahasiswa yang juga memiliki minat dan kesenangan dalam bidang bahasa,” ungkap Pinaka secara tegas. Ia menambahkan jika nanti terpilih menjadi seorang duta pastinya memiliki tanggung jawab yang besar, maka perwakilan kelas tidak boleh asal-asalan.

Pendaftaran peserta sudah dimulai sejak 8 Oktober 2017 dan ditutup pada 20 Oktober 2017. Proses seleksi yang diterapkan telah mengarah pada proses seleksi di tingkat nasional. Hal ini dilakukan supaya mahasiswa memiliki pengalaman dan gambaran yang serupa di tingkat nasional, sehingga saat pemenang di tingkat fakultas bisa melaju ke tingkat daerah atau nasional sudah terbiasa dengan sistem seleksi standar nasional. “Saat melakukan pendaftaran mahasiswa diminta untuk mengumpulkan makalah yang bertema: Memartabatkan Bahasa Indonesia. Seleksi administrasi dinilai dari kualitas makalah tersebut. Melalui seleksi administrasi akan dipilih 16 orang terbaik yang akan melaju ke babak selanjutnya yakni wawancara dan unjuk minat bakat,” jelas Pinaka.

Informasi terkait pendaftaran, pengambilan formulir pendaftaran, dan seleksi pemilihan Duta Bahasa FKIP 2017 bisa menghubungi koordinator lomba yang juga merupakan dosen Prodi PBSI. Syarat  dan ketentuan lomba bisa di download di web FKIP. Pinaka berharap melalui pemilihan Duta Bahasa FKIP 2017 akan melahirkan seorang duta yang benar-benar expert dan membanggakan dalam bidang bahasa, serta mampu membawa nama baik prodi, fakultas, serta universitas tempat ia menempuh pendidikan saat ini. (TP)

  • Peraturan Seleksi Pemilihan Duta Bahasa FKIP Untidar 2017 silakan unduh disini
  • Formulir Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa FKIP Untidar 2017 silakan unduh Fdisini
Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY