FKIP Gelar Lomba Inovasi Pembelajaran untuk Mahasiswa se-Jawa Tengah dan DIY

0
46

Fakultas Keguruan dan iIlmu Pendidikan selalu berusaha menghadirkan kegiatan yang bermanfat untuk perkembangan pendidikan. Baru-baru ini (20/9) FKIP mengadakan lomba inovasi pembelajaran untuk mahasiswa se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Keguruan FKIP 2018.

“Lomba ini merupakan upaya progresif sebagai wujud pengabdian yang dilakukan FKIP Untidar untuk masyarakat. Peserta akan menunjukkan pengalaman terbaiknya yaitu kompetensi mengajar dengan menggunakan pendekatan, metode, teknik, strategi, dan model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif,” tutur Widya Ratna Kusumaningrum, M.Ed., Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, sekaligus koordinator lomba.

Peserta lomba ini adalah mahasiswa program studi kependidikan di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Dengan adanya lomba ini, diharapkan adanya inovasi kegiatan pembelajaran berupa penemuan hal baru/pembaharuan gagasan/pendekatan/metode/teknik/strategi. Selain itu, diharapkan pula adanya peningkatan kompetensi pedagogis, sosial, kepribadian, dan profesi yang dimiliki mahasiswa keguruan,” tambah Widya.

Lomba ini dilaksanakan dengan dua tahap seleksi. Seleksi yang pertama merupakan penilaian administrasi dan rencana pelaksanaan pembelajaran dan seleksi kedua merupakan penilaian praktik mengajar. Pada seleksi pertama dipilih 10 finalis yang akan diundang ke Universitas Tidar untuk praktik mengajar. Selain praktik mengajar selama 30 menit, finalis juga akan diwawancarai oleh juri selama 10 menit terkait inovasi yang diciptakan dalam hal pembelajaran.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, dipilih 3 mahasiswa yang mendapatkan juara. Mereka adalah Amri Aghniah (Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Purwokerto) sebagai juara pertama. Juara kedua adalah Rizka Wahyu Pangestu (Mahasiswa Negeri Semarang) dan juara ketiga adalah Sella Ferika (Mahasiswa Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara). Para juara mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan. Uang pembinaan tersebut berturut-turut senilai 1.500.000, 1.250.000, dan 1.000.000 untuk juara 1, 2, dan 3.

Selamat kepada para pemenang.

WJ

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY