FKIP Jaring Kelompok Debat Terbaik dalam Pekan Keguruan FKIP 2017

0
385

Hiruk pikuk suara mahasiswa terdengar kencang memeriahkan gelaran Pekan Keguruan FKIP 2017. Tak terkecuali suara-suara mahasiswa yang sibuk berdebat hebat. Perdebatan mahasiswa ini secara sengaja digelar oleh panitia dan diwadahi daam ajang Kompetisi Debat yang berlangsung hari Senin-Selasa (22-23/5). Kompetisi diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP tanpa membedakan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) ataupun Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Kompetisi ini terbagi dalam dua hari, Senin (22/5) untuk lomba debat bahasa Indonesia yang diikuti oleh 24 tim dan Selasa (23/5) untuk lomba debat bahasa Inggris yang diikuti oleh 20 tim. Sebelum kompetisi debat berlangsung terlebih dahulu diadakan seminar yang berisi tentang gambaran jalannya kompetisi, gaya debat yang digunakan, serta penjelasan teknis dan nonteknis mengenai sistem debat.

Suasana kompetitif sangat terasa ketika pertandingan. Peserta tersulut semangatnya untuk menampilkan yang terbaik dan saling berjuang untuk merebut gelar juara. “Kompetisi ini sengaja digelar untuk mencari bibit-bibit unggul dari FKIP. Pemenang lomba debat bahasa Indonesia otomatis memiliki pengalaman yang bisa dijadikan bekal membimbing anak didiknya kelak untuk mengikuti kompetisi yang sama, sedangkan pemenang debat bahasa Inggris akan dikirim lomba ke tingkat universitas,” jelas Theresia Pinaka Ratna N.H., M.Pd. salah satu koordinator lomba debat. Debat bahasa Indonesia menggunakan gaya Asian Parliamentary System, satu tim terdiri dari 3 anggota kelompok. Sedangkan debat bahasa Inggris menggunakan gaya British Parliamentary System, satu tim tersiri dari 2 orang.

Dalam debat mengharuskan mahasiswa untuk berpikir tingkat tinggi, hal ini bertujuan untuk melatih siswa berpikir kritis, logis, dan runtut. Lomba ini sekaligus untuk melatih mahasiswa mengatasi rasa grogi saat berbicara di hadapan orang banyak. Yusuf salah satu mahasiswa PBI finalis debat bahasa Indonesia mengungkapkan, “Sangat berkesan ikut lomba debat ini, lawannya tangguh-tangguh, mosi yg dihadirkan juga sangat menantang. Very exited untuk tahu siapa pemenangnya.” Meskipun optimis meraih juara, dirinya tidak lantas meremehkan tim lawan karena merasa pesaingnya juga merupakan tim yang hebat. Sebagai informasi juara kompetisi debat akan diumumkan di puncak acara Pekan Keguruan FKIP 2017, Jumat (26/5) mendatang.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY