FKIP Untidar Gelar Sosialisasi International Teaching Practice

0
298

Menindaklanjuti kunjungan ke beberapa instansi terkait di Malaysia, FKIP UNTIDAR mengadakan sosialisasi International Teaching Practice  di Auditorium Universitas Tidar yang dilaksanakan Rabu (26/4) . Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester VI (enam) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI-6 kelas) dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI-4 kelas).

Prof Dr. Sukarno, M.Si., Dekan FKIP UNTIDAR menggarisbawahi bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan penyampaian informasi tentang PPL Internasional atau International Teaching Practice di Hulu Selangor, Malaysia. Adapun 3 program kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa selama mereka di Malaysia, yaitu 1) PPL Internasional, 2) Pengambilan data skripsi, dan 3) International EFC (English For Children) Program.

PPL Internasional ini akan terjadwal selama 1 bulan (awal Juli  – akhir Juli 2017) di Sekolah Sekolah Menengah Kebangsaan Bandar Sungai Buaya. Sebagai pilot project PPL Internasional, pihak sekolah tersebut memberikan kuota 20 mahasiswa yang berkesempatan untuk melakukan PPL disana.

Pada sosialisasi tersebut, tercatat 99 mahasiswa berminat untuk mengikuti PPL Internasional. Oleh karena itu, mereka wajib mengikuti seleksi PPL Internasional. Tahapan seleksi yang harus ditempuh para mahasiswa meliputi seleksi administratif dan wawancara dimana tahapan seleksi tersebut mencakup aspek prestasi, keunggulan, dan kompetensi pedagogik.  Berikut jadwal seleksi dan pengumuman PPL Internasional:

  1. Jumat, 28 April 2017: Pengumpulan dokumen administrasi (formulir dan dokumen pendukung).
  2. Senin, 1 Mei 2017: Pengumuman lolos seleksi administrasi (lewat website FKIP dan papan pengumuman FKIP).
  3. Rabu, 3 Mei 2017: Seleksi wawancara.
  4. Selasa, 9  Mei 2017:   Pengumuman akhir.

Tim seleksi PPL Internasional terdiri dari Lilia Indriani, M.Pd. (Ketua Tim), Moch. Malik Al Firdaus (Anggota Tim), dan Rangga Asmara, M.Pd. (Anggota Tim). Tim seleksi tersebut secara proporsional dan profesional akan memilih 20 dari 99 mahasiswa yang akan mengikuti PPL Internasional.

Dalam sesi tanya jawab, para mahasiswa sangat antusias untuk mendapatkan informasi tentang PPL Internasional ini.  Salah satu penanya yaitu Andien, mahasiswi PBSI menanyakan tentang adakah bimbingan khusus sebelum melaksanakan PPL Internasional tentang kurikulum pembelajaran di Malaysia. Menanggapi  pertanyaan tersebut, Dekan FKIP menjawab “Pastinya ada pembekalan terlebih dahulu dari Tim yang akan menjelaskan tentang  kurikulum, budaya, bahasa, dan aspek pendukung lainnya.”

Selain itu salah satu mahasiswi PBI, Fadhlilah memberikan umpan balik positif dengan adanya sosialisasi ini “Menurut saya, sosialisasi ini sangat membantu kami dalam mengupdate informasi seputar PPL Internasional.”  (CA)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY