Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan program pendidikan jenjang strata satu. Dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya mengacu pada pencapaian dan mewujudkan visi, misi, tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan dan produktivitas kerja yang berorientasi pada pengguna lulusan atau pada pasar kerja.

Fakultas memiliki struktur organisasi yang jelas, sesuai dengan Statuta Universitas dengan mekanisme tata pamong yang telah berjalan sebagaimana ketentuan yang berlaku. Masing-masing unsur telah melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya. Dalam pengelolaan lembaga, dikembangkan pola kepemimpinan demokratis dengan memberikan peluang komunikasi dua arah untuk mendapatkan umpan balik. Perencanaan dan pengembangan program senantiasa diarahkan pada pencapaian Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan yang dituangkan dalam program kerja tahunan dan dievaluasi setiap tengah dan akhir tahun akademik. Dalam rangka pengembangan program yang diorientasikan pada pasar kerja sekaligus penjaminan mutu, program studi telah melakukan pelacakan lulusan.

Calon mahasiswa sebagai input program studi diseleksi melalui seleksi administrasi dan seleksi akademis, yang dilaksanakan di tingkat universitas. Meskipun demikian, proses seleksi bagi program studi tidak menjadi masalah, dalam arti proses perekrutan dilakukan secara tepat waktu sehingga program studi dapat melakukan kegiatan sesuai kalender akademik yang telah ditetapkan. Meskipun program studi memiliki sumber daya yang terbatas, tetapi program studi berusaha memberikan pelayanan pembimbingan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan secara maksimal peran pembimbing akademik. Layanan bimbingan untuk mengantarakan pada kelulusan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan formal perkuliahan, tetapi juga dengan menyediakan wadah kegiatan dalam bentuk organisasi kemahasiswaan baik di tingkat universitas maupun fakultas yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan penalaran dan minat bakat. Melalui berbagai wadah tersebut dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar dan mengembangkan pribadi.

Dalam melaksanakan misinya, program studi memiliki  dosen yang berkualitas pendidikan S1 dan S2 serta dukungan dosen tidak tetap yang cukup aktif. Berdasarkan kecukupan dosen, kondisi dosen saat ini  menunjukkan rasio yang baik. Sementara untuk pelayanan administrasi, program studi mempunyai tenaga administrasi yang melaksanakan tugas dan pelayanan kepada mahasiswa maupun untuk kepentingan lembaga secara umum sesuai dengan pembagian kerja, sehingga mereka dapat bekerja secara optimal. Sumber daya manusia yang ada bekerja berdasarkan peraturan keraj yang ditetapkan di tingkat universitas. Secara khusus tenaga dosen melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan pedoman pelaksanaan kegiatan yang telah ditentukan di tingkat universitas. Dalam melaksanakan tugas pembelajaran secara khusus telah ditetapkan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Proses pembelajaran sangat terdukung oleh suasana akademis yang kondusif. Interaksi dosen dengan mahasiswa dapat berjalan secara harmonis, bukan saja terjadi pada kegiatan perkuliahan tetapi juga di luar perkuliahan.

Dalam proses pembelajaran, dosen dan mahasiswa sebagian besar dapat memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan yang dijabarkan pada pedoman akademik. Penilaian atas keberhasilan mahasiswa dalam suatu mata kuliah diarahkan pada terciptanya penilaian yang obyektif dan transparan. Dalam rangka penilaian yang obyektif ini, program studi memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk  menyampaikan persoalannya atau keluhannya melalui forum maupun jalur penyampaian yang telah disepakati.

Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan sesuai dengan dana yang ada, meskipun belum dapat dipublikasikan tetapi secara individu para peneliti senantiasa mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas. Dalam hal ini program studi telah menjalin kerja sama dengan pihak lain meskipun masih terbatas. Kegiatan di atas juga telah melibatkan mahasiswa.

Program studi juga telah berusaha meningkatkan dan mengendali -kan mutu, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal berusaha melalukan peninjauan Sillabus, SAP dan Kurikulum secara periodik, meningkatkan infrastruktur dan sumber daya manusia secara bertahap melalui pengusulan kepada universitas serta melakukan pelacakan lulusan. Secara eksternal berusaha memenuhi ketentuan pemerintah mengenai pengajuan akreditasi sebagai bentuk penjaminan mutu.

Atas dasar hal-hal di atas, program studi ini akan dikembangkan sesuai dengan tuntutan kebutuhan pengguna atau pasar kerja serta memungkinkan lulusan dapat masuk pasar kerja dengan mudah dengan kualitfikasi yang makin meningkat.

Bagikan :
X