Gelar Sastra: Agenda Tahunan Parade Sastra Himpro PBSI

0
182

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himpro PBSI) mengadakan acara Gelar Sastra dengan tema “Jerait Sastra untuk Segenap Rasa” pada Selasa malam (12/9). Acara tersebut diisi dengan 26 penampilan sastra dari Mahasiswa Untidar dan komunitas sastra lainnya.

“Peserta acara ini sangat banyak dan meningkat dari tahun lalu. Dulu, gelar sastra merupakan acara yang seolah milik mahasiswa PBSI saja, lalu meningkat dimeriahkan oleh mahasiswa se-universitas. Tahun ini, gelar sastra dihadiri oleh penikmat sastra dari masyarakat umum, seperti Mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang sedang praktik mengajar di Kota Magelang, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, serta Komunitas Sastra dari Magelang dan Temanggung. Hal tersebut merupakan kebanggan bagi kami,” tutur Mohammad Dwi raharjo, Ketua Himpro PBSI saat memberikan sambutan.

Malam ini berbagai jenis kegiatan sastra ditampilkan oleh Mahasiswa Untidar maupun masyarakat umum dan para tamu undangan. Kegiatan tersebut berupa musikalisasi puisi, teater, monolog, menyanyi solo dan grup, serta stand up comedy.

Sastrawan Magelang saperti Gepeng dan E.S. Wibowo turut membacakan puisi mereka. Selain itu, Komunitas Sastra Temanggung, KSS3G, juga turut tampil bernyanyi dan membacakan puisi. Acara yang berlangsung pukul 19.00 – 23.30 WIB tersebut sangat meriah dengan kehadiran sekitar 300 orang peserta. Masyarakat umum yang datang seperti Mahasiswa Unnes juga berkenan membacakan satu puisi.

“Kami sangat bersyukur dengan banyaknya peserta yang datang. Kami berharap tahun depan akan lebih meriah lagi dengan penampilan dari sastrawan-sastrawan lainnya. Acara ini merupakan agenda tahunan Himpro PBSI untuk menggemakan semarak mencintai dan mengapresiasi karya sastra,” ujar Muh. Ikhsan, Mahasiswa Semester 3 PBSI sekaligus ketua panitia. WJ

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY