KABASTRA, SEMINAR NASIONAL PERDANA KOLABORASI PUSAT BAHASA UNIVERSITAS TIDAR, BALAI BAHASA JAWA TENGAH DAN HISKI KEDU

0
408
Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (KABSTRA)

Bahasa, sastra, dan pengajarannya merupakan bidang ilmu yang berkesinambungan dan tak dapat dipisahkan. Dalam perkembangannya, ketiga bidang ilmu tersebut mendapatkan perhatian yang kian besar. Terbukti dengan adanya organisasi profesi serupa Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) dan Himpunan Sasrjana Kesusastraraan Indonesia (HISKI)  yang bergerak dalam bidang bahasa dan sastra. Organisasi profesi tersebut senantiasa menggeliat dan membuat sebuah terobosan baru di bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya.

Dalam perkembangan yang kian meluas, ketiga bidang kajian di atas mulai menelurkan kajian baru yang kiranya belum pernah dilakukan selama ini. Harapannya ide, fenomena, serta gagasan baru dalam bidang kajian bahasa, sastra, dan pengajarannya akan dapat memperkaya khazanah pengetahuan para dosen, peneliti guru, dan masyarakat terutama di bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya.

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Bahasa Universitas Tidar, Balai Bahasa Jawa Tengah, dan HISKI Komisariat Kedu mencoba membuat sebuah Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (KABSTRA) dengan tema “Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Perspektif Ideologi, Ekologi, dan Multikulturalisme”. Dengan adanya acara tersebut diharapkan para peneliti, dosen, guru, dan khalayak umum yang mencintai bahasa, sastra, dan pengajarannya akan dapat berkumpul untuk memperbincangkan isu, fenomena, serta gagasan baru dalam kaitannya dengan kajian bahasa, sastra, dan pengajarannya yang sampai sekarang ini mulai mendapatkan tempat yang istimewa.

Pembicara kunci yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. selaku Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. selaku ketua Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI), dan Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. selaku Rektor Universitas Tidar bidang keahlian penelitian bahasa. Acara yang akan digelar di auditorium Universitas Tidar pada hari sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 07.00 WIB ini bakal menjadi acara seminar nasional perdana yang spektakuler karena seminar yang akan dilakukan merupakan Call Paper, artinya tidak hanya ketiga pembicara kunci di atas yang akan unjuk suara, tetapi pemakalah pendamping pun akan menyuarakan kajiannya dalam bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya.

Seminar nasional ini merupakan kolaborasi yang sangat menarik antara Universitas Tidar melalui Pusat Bahasanya, Balai Bahasa Jawa Tengah dan HISKI Kedu. Universitas Tidar senantiasa menjaga dan mengembangkan kebahasaan dan sastra Indonesia dengan secara serius mengaktifkan Pusat Bahasa yang dimilikinya dalam kesinambungan dengan FKIP yang menaungi jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dukungan penuh dari Badan Bahasa Jawa Tengah dan kebangkitan HISKI akan menjadi sebuah sajian yang tentu sangat menarik untuk ditunggu. (AL)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY