KKL FKIP 2017: Proses Pembelajaran dengan Sensasi yang Berbeda

0
91

[FKIP-31/10/17] – Mahasiswa FKIP Untidar, khususnya semester 5, mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis 19 Oktober 2017 , diikuti oleh mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan juga Pendidikan Bahasa Ingris (PBI). Kegiatan KKL tersebut merupakan program yang bertujuan memberikan mahasiswa pengalaman belajar secara langsung dengan melihat atau mempraktekkan hal yang telah dipelajari secara langsung di lapangan.

Mahasiswa PBSI pada KKL kali ini mengunjungi beberapa tempat di Yogyakarta, seperti Museum Merapi, Kedaulatan Rakyat, dan Museum Sonobudoyo. Di Museum Merapi, mereka dapat mempelajari tentang forografi jurnalistik karena di tempat tersebut banyak memamerkan karya-karya fotografi jurnalistik. Di Kedaulatan Rakyat, mahasiswa mempelajari mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik mulai dari cara meliput berita, membuat berita, sampai memuat berita di media cetak. Tempat terakhir yang mereka kunjungi yaitu Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

Sedangkan mahasiswa PBI melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Semarang. Bagi mahasiswa PBI,kegiatan KKL kali ini merupakan program kegiatan untuk memberikan pengalaman lapangan secara langsung terutama yang berkaitan dengan mata kuliah EFT (English for Tourism) dan Program Development. Ada dua tempat yang dikunjungi oleh mahasiswa PBI, yang pertama yaitu Patra Convention and Hotel bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah EFT, dan tempat kedua adalah Semarang Multinational School bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Program Development dan CLTM (Children Language Teaching Methodology).

Untuk kunjungan di hotel, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hoteliers,mereka dikenalkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia perhotelan. Selain itu,mereka juga melakukan praktek langsung mengenai table manner. Di sisi lain, mahasiswa yang melakukan kunjungan ke sekolah internasional,dikenalkan pada sistem manajemen persekolahan dan sistem pengajaran khususnya pada sekolah internasional. Mereka juga berkesempatan untuk melakukan observasi pengajaran dan pembelajaran di kelas secara langsung.

“Dengan mengikuti program KKL ini maka diharapkan mahasiswa mempunyai pengalaman baru dalam belajar, semangat di dalam belajar, dapat merasakan suasana belajar yang berbeda, dan tentu saja ilmu yang sangat bermanfaat”, jelas Drs. Hari Wahyono, selaku Wakil Dekan 1 FKIP Universitas Tidar. (NA)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY