Lima Dosen FKIP ikuti Seminar Nasional ALFA di Universitas PGRI Semarang

0
318

Hari Sabtu, 15 Juli 2017 telah diselenggarakan sebuah seminar menarik di Universitas PGRI Semarang bertajuk Pembelajaran Aktif dan Profesionalisme Guru di Era Global dengan Keynote Speaker Prof. Dr.. Sudarmin, M.Si (Pembelajaran Aktif di Finlandia), Dr. Wahyu Hari Kristiyanto, M.Pd (Penggunaan Media), dan Dr. Sofyan Anif, M.Si (Profesionalitas Guru di Era Digital) serta pararel speaker yang diantaranya disampaikan oleh dosen-dosen FKIP UNTIDAR.

Dual code yang menawarkan visual dan audio secara bersamaan menjadi salah satu bahasan yang disajikan oleh keynote speaker dalam seminar ini dan mendapat perhatian yang cukup intens dari para peserta. Pasalnya dual code masih menjadi perdebatan yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Sebagai contoh sederhana adalah proses belajar di kelas ketika guru menulis sesuatu di papan dan pada saat yang bersamaan ingin menyampaikan penjelasan yang mendukung tulisan tersebut. Selama ini kita sebagai pendidik tidak disarankan, bahkan cenderung dilarang untuk melakukan hal tersebut (menulis di papan sambil berbicara) karena dianggap sebagai salah satu bentuk ketidaksopanan, padahal sebenarnya masa-masa tersebut adalah krusial karena siswa sedang membangun konsentrasi yang prima dan aspek audio visualnya bisa dimaksimalkan, maka diperlukan teknik yang  mengakomodasi hal tersebut, dan lain sebagainya.

Imam Baihaqi, M.A menyampaikan “Seminar semacam ALFA di UPGRIS ini bagi saya bermanfaat, utamanya karena di forum ilmiah seperti ini kita banyak bertemu dengan rekan dosen peneliti dari berbagai macam latar belakang studi yang mengaktualisasikan presentasinya sehingga akan banyak menemukan ekspos yang bermacam-macam”. Dalam seminar ALFA ini Imam menyajikan penelitiannya dalam Pembelajaran Drama.

“Seminar ini bagus karena memberikan kesempatan sharing pelaksanaan pembelajaran aktif baik tingkat perguruan tinggi maupun elementary level, utamanya seperti yang kami lakukan di desa binaan UNTIDAR” hal tersebut disampaikan oleh Endah Ratna, M.Pd yang menjadi salah satu speaker dari FKIP UNTIDAR. Bersama dengan Sri Sarwanti, M.Pd, Endah menyajikan Pendampingan Pembelajaran Aktif melalui Permainan Edukatif berbasis kearifan lokal bagi peserta TPQ dan Pendampingan penerapan Energizer bagi Guru MI.

Sementara itu Dr. Sri Haryati, M.Pd pada kesempatan tersebut menyajikan Pembelajaran Aktif Berbasis Riset di Perguruan Tinggi dan Drs. Hari Wahyono, M.Pd mengupas Karya Cipta Siswa dan Realisasi Pembelajaran Aktif. (WD)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY