Lomba Best Practice Guru Bahasa Tingkat Jawa Tengah Meriahkan Pekan Keguruan 2017

0
369

 

FKIP (26/5) – Semarak Pekan Keguruan FKIP tahun 2017 dimeriahkan dengan lomba Best Practice Guru Bahasa tingkat Jawa Tengah yang berlangsung pada hari Jumat, 26 Mei 2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar, sebagai fakultas pencetak tenaga pendidik, memiliki komitmen yang tinggi dalam bidang pendidikan dan pengajaran. FKIP Untidar senantiasa memberikan dorongan dan atensinya terhadap pengembangan kualitas pembelajaran oleh guru baik di tingkat dasar, menengah pertama, dan menengah atas. Bertepatan dengan Pekan Keguruan Tahun 2017, FKIP Untidar menginisiasi kegiatan lomba Best Practice yang diperuntukkan bagi guru-guru mata pelajaran bahasa. Selain itu, kegiatan lomba Best Practice ini merupakan salah satu upaya progresif sebagai wujud pengabdian yang dilakukan FKIP Untidar pada masyarakat. Di dalam kegiatan ini nantinya, para guru akan menunjukkan pengalaman terbaiknya dan unjuk kompetensi mengajar dengan menggunakan, merancang dan menciptakan suatu pendekatan, metode, teknik, strategi, model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.

Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) memberikan apresiasi bagi guru yang telah berinovasi dalam kegiatan pembelajaran yang efektif; (2) memotivasi dan menginspirasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran; (3) mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru; dan (4) mempublikasi pengalaman terbaik dari hasil inovasi pembelajaran. Widya Ratnakusumaningrum, M.Pd., M.Ed., sebagai salah satu dosen FKIP, menambahkan, “Lomba ini perlu diselenggarakan karena berfungsi untuk mengetahui kompetensi guru bahasa dalam mengimplementasikan kurikulum yang digunakan pada saat mengajar.”

Peserta yang lolos seleksi Tahap I (Penulisan Artikel Ilmiah) dan melanjutkan ke Tahap II (Micro Teaching dan Wawancara) adalah: Arlina Candra dari SMP Negeri 4 Magelang, Siti Yulaeha dari SMP Negeri 7 Magelang, Nahidlul Falah dari SMA Negeri 4 Magelang, Amar Ma’ruf dari Magelang, dan Ekowati Septi Rahayu dari SMA Negeri 1 Magelang. Sedangkan, peserta yang akhirnya dinobatkan sebagai Juara I adalah Nahidlul Falah dari SMA Negeri 4 Magelang; Juara II diraih oleh Siti Yulaeha dari SMP Negeri 7 Magelang; dan Juara III diraih oleh Ekowati Septi Rahayu dari SMA Negeri 1 Magelang. (LL)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY