Mahasiswa FKIP Juara Satu Lomba PCTA Tingkat Jawa Tengah

0
29

FKIP Untidar – Dua mahasiswa FKIP Untidar berhasil menjuarai lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat Jawa Tengah yang digelar oleh Kemenhan RI perwakilan Jawa Tengah di Wisma Pemda Jawa Tengah pada Rabu dan Kamis (25-26/07/2018). Kedua mahasiswa itu adalah Adinda Rahma, mahasiswa PBSI, dan Wilda Ulfiyanti, mahasiswa PBI.

Mereka berhasil mengungguli wakil Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang menduduki juara kedua dan wakil Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang yang menduduki juara ketiga. Berkat keberhasilan tersebut, mereka berhak mewakili Jawa Tengah dalam final lomba PCTA tingkat nasional kategori perguruan tinggi di Bandung pada September 2018 mendatang.

Dalam sambutan penutupannya, Kepala Kantor Kemenhan RI Jawa Tengah, Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yakin, S.E., M.M. mengatakan, sesungguhnya semua peserta memiliki semangat dan kemampuan yang tinggi.

“Pada diri mereka sudah tertanam rasa cinta tanah air dan bela negara sehingga begitu mudah mengikuti kegiatan apa saja yang diselenggarakan semua pihak, termasuk Parade Cinta Tanah Air ini,” ujar Latif.

Latif menambahkan, Pemerintah telah memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk membina para peserta agar memiliki rasa nasionalisme tinggi dan makin cinta tanah air serta memiliki semangat bela negara yang tangguh sehingga dapat memberikan pengaruh yang sama bagi generasi muda lain.

“Kita sudah punya rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk mereka sehingga mereka nanti akan kita bina dan jaga agar rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan bela negaranya tidak luntur, melainkan bisa ditularkan kepada lingkungannya dan generasinya,” ungkapnya.

Di tengah krisis rasa nasionalisme dewasa ini penting bagi Pemerintah untuk membina kembali rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat bela negara di kalangan generasi muda. Semoga lomba PCTA ini dapat menggugah generasi muda agar semakin cinta pada NKRI. (IS)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY