Mahasiswa FKIP Makin Eksis Berwirausaha dengan Lolos Program KBMI

0
204

Kebahagiaan kembali menyelimuti keluarga besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar. Hal tersebut disebabkan 2 proposal Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) lolos didanai oleh Kemeterian Ristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2017 dari total 4 proposal yang lolos se-Untidar.

Dua kelompok mahasiswa yang lolos KBMI telah mewakili dua program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Kelompok 1 terdiri atas Nasrika Dewi Puspitasari (PBSI), Anisatu Ulfa (PBSI), Arief Setiawan (PBSI), Ainun Dyan Desiana (PBSI), dan Azizah Wahyu Lestari (PBI). Judulnya adalah Pengembangan Usaha Box Kado Magelang yang Didanai 15 juta rupiah. Kelompok 2 terdiri atas Septa Hardyaning Tyas (PBI), Alvin Adiwibowo (Fakultas Teknik Untidar), Nafi’ Arrum Fauziah (PBI), dan Siti Sulistyarini (PBSI). Judulnya Banana Stem Body Wash (Bombow) Pemanfaatan Pelepah Pisang menjadi Sabun Mandi yang didanai 18 juta rupiah.

fkip

“Sebetulnya, usaha boks kado dan paper bag ini sudah kami mulai sejak 2017. Agar membedakan dengan produk yang ada di toko, kami melayani customable sesuai keinginan pelanggan. Selama ini kami menjual produk secara online dengan harga 10.000 – 60.000 rupiah/boks dan 1.000 – 7.000 rupiah/paper bag,” ujar Nasrika Dewi, Ketua Kelompok 1.

“Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka lolos program ini. Usaha ini telah kami mulai sejak Februari 2017. Sabun tersebut kami jual dengan harga 10.000 rupiah/buah. Kami juga memberikan harga khusus untuk teman-teman yang mau menjadi reseller sabun Bombow ini,” ujar Septi Hardiyaning Tiyas, Ketua Kelompok 2 dengan senyum bahagianya.

Rangga Asmara, M.Pd., Koordinator PBSI sekaligus Dosen Matakuliah Kewirausahaan PBSI Untidar mengatakan lolosnya proposal tersebut merupakan hasil dari matakuliah tersebut. “Semoga ke depan makin banyak mahasiswa Untidar, khususnya PBSI yang lolos program-program kewirausahaan seperti ini agar profil lulusan sebagai wirausaha makin terbukti,” tambahnya.

Prestasi FKIP kali ini juga disambut baik oleh seluruh dosen FKIP yang memberikan selamat melalui whatsapp grup FKIP. Semoga ke depan, FKIP makin berjaya. FKIP is The BestWJ

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY