MAHASISWA FKIP UNTIDAR MENUJU PEKSIMIDA JAWA TENGAH 2016

0
121
PEKSIMIDA Untidar

Untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra dan seni rupa, UNTIDAR menghelat PEKSIMITAS (Pekan Seni Mahasiswa Universitas). Acara yang diselenggarakan pada tanggal 30 Mei- 3 Juni 2016 ini menghasilkan beberapa kandidat potensial yang selanjutnya akan menjalani proses latihan intensif di tingkat universitas dan akan berangkat sebagai delegasi Universitas Tidar dalam PEKSIMIDA (Pekan Seni Mahasiswa Daerah) Jawa Tengah 2016.

Untuk regional Jawa Tengah, PEKSIMIDA dibagi menjadi beberapa tangkai yang diselenggarakan di beberapa tempat yang berbeda. Untuk seleksi grup vokal, dilaksanakan di Universitas Kristen Satya Wacana, monolog di Universitas Dian Nuswantoro, tari di Institut Seni Indonesia Surakarta. Sementara Universitas Muhamadiyah Surakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan tangkai lukis, poster, desain grafis komputer, fotografi, komik strip, serta film pendek. Sedangkan tangkai baca puisi, penulisan karya, puisi, lakon, serta cerpen diselenggarakan di Universitas Muria Kudus. Tangkai menyanyi tunggal di Universitas Muhamadiyah Purwokerto. PEKSIMIDA Jawa Tengah 2016 diselenggarakan pada tanggal 25-30 Juli 2016.

Mahasiswa FKIP mengikuti dan lolos seleksi diseluruh tangkai seni yang diadakan PEKSIMITAS UNTIDAR. Tangkai seni baca puisi diwakili oleh Ridwan dan Indah Nurmayani, yang akan didampingi oleh dosen Imam Baihaqi, M.A. Sementara itu kandidat lolos untuk tangkai seni menyanyi tunggal adalah Ganang Dwi, dan Fadhila Syaibania. Keduanya akan didampingi oleh Drs. Hari Wahyono, M.Pd. Sedangkan untuk tari, Niti Pamungkas dan Antin Purwanti yang mewakili FKIP juga lolos. Bersama mahasiswa dari Fakultas lain mereka akan didampingi oleh Winda Candra Hantari,M.A. dan Molas Warsi Nugraheni, M.Pd. Untuk grup vokal, beberapa mahasiswa FKIP yang lolos (Siti Naili, Meicio Bela, Palupi Sekartaji, Fajrian Aprio, dan Brian Kusuma) akan didampingi oleh Drs.Hari Wahyono, M.Pd dan Drs. Budiono, M.Pd. Seluruh kandidat yang lolos akan terus didampingi sampai tahap selanjutnya yaitu PEKSIMIDA Jawa Tengah 2016.

Beberapa persiapan telah dilakukan panitia untuk memantapkan para peserta delegasi UNTIDAR dalam mengikuti PEKSIMIDA Jawa Tengah 2016. Latihan intensif digelar untuk memoles potensi para kandidat. Seluruh tangkai lomba terlihat melakukan latihan ketat bahkan hingga di luar jam perkuliahan tentu atas seijin orangtua. Ketua Panitia PEKSIMITAS UNTIDAR 2016, Drs. Hari Wahyono, M.Pd mengatakan bahwa meskipun terdapat kendala pada pelaksanaan PEKSIMITAS yang berbarengan dengan Ujian Akhir Semester Genap 2015/2016 dan libur lebaran, tetap membuat beliau optimis mahasiswa FKIP yang menjadi bagian dari delegasi Universitas Tidar dapat meraih hasil maksimal di dalam ajang PEKSIMIDA Jawa Tengah. Beliau optimis ada harapan besar untuk tangkai seni tari dan grup vokal  yang akan berlaga di ISI Surakarta pada hari Selasa, 26 Juli 2016 pukul 22.00 WIB, dan di UKSW pada pukul 13.30 WIB. Beliau yakin dengan persiapan, penggarapan, materi, pemain, dan tema yang disiapkan mampu membawa mereka menuju PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) 2016 yang akan diselenggarakan di Makassar.

Ini merupakan kali pertama FKIP mengirimkan delegasi dalam beberapa tangkai di PEKSIMIDA, setelah tahun 2015 hanya mengirimkan untuk menyanyi tunggal. Harapan yang disematkan pada para delegasi adalah agar dapat berlaga dengan sportif dan mampu membawa nama baik FKIP UNTIDAR di ajang regional. (WD&GF)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY