Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Ikuti Seleksi ON MIPA-PT Tingkat Wilayah

0
306

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) merupakan ajang kompetisi akademik dan wawasan mahasiswa pada bidang MIPA. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Universitas Tidar mengirimkan delegasinya dari fakultas teknik dan pertanian. Tahun ini, FKIP yang sudah memiliki Prodi pendidikan IPA tak ingin ketinggalan momen kompetisi ini. Pasalnya, gugus kemahasiswaan FKIP menyelenggarakan seleksi tingkat fakultas. Dari proses seleksi yang dijalani oleh mahasiswa, Prodi Pendidikan IPA mengirimkan 8 mahasiswa yang akan berkompetisi di tingkat wilayah pada empat bidang.

Pada bidang Matematika diwakili oleh Lilis Oktavia dan Tutik Arifah. Adinda Permatasari Putri Effendi dan Riva Duwi Anggiyani menjadi delegasi pada bidang Biologi. Vindy Utami Karomah dan Utami Dian Pertiwi menjadi delegasi pada bidang Kimia, dan pada bidang Fisika diwakili oleh Rudi Susilo dan Turah Slamet. Kedelapan mahasiswa Prodi Pendidikan IPA ini akan mengikuti seleksi tingkat wilayah kopertis V yang akan dilaksanakan di Universitas PGRI Semarang pada 21 dan 22 Maret 2018.

Untuk mempersiapkan seleksi tingkat wilayah, mahasiswa sudah menjalani proses pembinaan oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan IPA. Proses pembinaan dilakukan dari tanggal 28 Februari – 20 Maret 2018. Proses pembinaan meliputi pembinaan materi dan mental mahasiswa. Pembinaan materi diberikan untuk menyeimbangkan materi yang dikuasai oleh mahasiswa agar cukup untuk mengikuti kompetisi. Pasalnya mahasiswa yang dikirim untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah merupakan mahasiswa semester dua. Pembinaan mental dengan memberikan semangat kepada mahasiswa agar optimis dan tidak minder dalam mengikuti kompetisi ini. Riva Ismawati, M. Sc. Dosen Prodi Pendidikan IPA dan anggota gugus kemahasiswaan FKIP mengungkapkan optimisme 100 % dalam mengikuti kompetisi besar pertama kali bagi mahasiswa Prodi Pendidikan IPA ini. Harapannya ada mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Tidar yang lolos seleksi tingkat wilayah untuk dapat mengikuti seleksi tingkat nasional.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY