Para Juara English Drama Competition Bulan Bahasa FKIP

0
253

Perhelatan akbar Bulan Bahasa FKIP (BBF) ditutup dengan pentas seni Sabtu, 29 Oktober 2016 kemarin.  Para pemenang berbagai perlombaan pun diumumkan pada event tersebut. English Drama Competition – salah satu perlombaan yang diselenggarakan pada Senin, 24 Oktober 2016 silam telah mendapatkan sang juara.  Juara tersebut berhasil diperoleh dengan penilaian yang didasarkan pada tema, penguasaan karakter, penguasaan panggung, properti dan kostum, vokal/intonasi dan penggunaan bahasa.

Drama berjudul Ande-Ande Lumut yang ditulis dan disutradarai oleh Yoshinta Adinda Bayu, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 3, berhasil mencuri perhatian para juri. Saat pertunjukan pun, juri tak segan untuk memberikan standing applause untuk drama ini. “Jalan ceritanya menarik dan penuh kejutan, walau sebenarnya cerita ini sangat populer di Indonesia. Mereka bisa mengkreasikan sendiri dengan sisipan humor.” Kata Atsani Wulansari, M.Hum, salah satu juri English Drama Competition.  Senada dengan Atsani, Winda Candra Hantari, M.A. mengungkapkan kekagumannya terhadap drama ini. “Mereka bisa membaca ulang cerita  ini dan mengapresiasikannya dalam konteks kekinian. Ini yang membuat jalan ceritanya menarik. “

IMG_7842

Saat ditemui Tim Web FKIP, Yoshinta menceritakan persiapan kelompoknya dalam mengikuti kompetisi ini. Dia menceritakan bahwa naskah drama yang akan dilombakan ditulis dalam waktu singkat. Hanya satu hari menjelang penutupan lomba. Dia bersama kelompoknya pun memilih untuk mengadaptasi cerita Ande-Ande Lomba dengan sentuhan parodi. Pemain pun dipilih tanpa audisei dan persiapan pementasan hanya dilakukan dalam waktu 3 hari. Ruhin, pemeran Yuyu Kangkang dalam drama ini, juga menceritakan singkatnya persiapan mereka. “Kita latihan hanya sekali dalam sehari dalam waktu 3 hari.” Ungkapnya. “Alhamdulillan kita bisa menjadi juara,” sambungnya kemudian. Diakhir sesi wawancara, Yoshinta dan Ruhin mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kompetisi ini berjalan lancar tanpa kendala meskipun masih terdapat sedikit kekurangan.

Selain Ande-Ande Lumut yang berhasil mendapatkan juara 1, drama berjudul Lovely Nesia dan Strain of Consciousness juga berhasil mendapatkan predikat juara. Drama yang menceritakan kecintaan remaja Indonesia terhadap K-POP dan juga Budaya Indonesia ini berhasil meraih juara 2. Lovely Nesia, membuat penonton tersadar bahwa kita boleh menyukai budaya apapun tapi budaya Indonesia jangan sampai dilupakan. Selanjutnya, juara 3 diraih oleh drama berjudul Strain of Consciousness. Drama ini menceritakan tentang kesadaran remaja Indonesia yang semakin luntur untuk melestarikan budaya  Jawa. Lewat Gamelan, yang menjadi simbol budaya jawa, mereka membawakan drama tersebut dengan cukup apik.

Endah Ratnaningsih, M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa Inggris sekaligus penonton dalam English Drama Competition ini memaparkan bahwa kemampuan anak-anak PBI sangat menkajubkan. Endah juga sudah menebak, Ande-Ande Lumut akan keluar menjadi juara.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY