Pembekalan EFT in Practice: Pentingnya Transfer Knowledge dalam Praktek EFT

0
213

[FKIP – 4/5/17 ] – Sebanyak 83  mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengikuti pembekalan mata kuliah EFT (English for Tourism) in Practice. EFT in Practice merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah EFT 1 dan EFT 2. Acara berlangsung di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada hari Sabtu 29 April 2017 dibuka oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Seni FKIP  Lilia Indriani, M. Pd.

Dua orang narasumber yang kompeten dalam bidangnya turut diundang dalam acara pembekalan tersebut untuk memberikan materi berkaitan dengan tourism.  Narasumber pertama yang hadir untuk memberikan materi yaitu Ari Swastikawati, S. Si., M. A. Dia adalah Kepala Bagian Divisi Pengembangan Balai Konservasi Candi Borobudur.  Candi Borobudur menjadi topik yang disampaikan oleh Ari Swastikawati, S. Si., M. A. Penjelasan mengenai Candi Borobudur dari berbagai aspek tentunya menambah pengetahuan mahasiswa mengenai Candi Borobudur. “Pengetahuan mengenai Candi Borobudur akan sangat membantu para mahasiswa saat harus memandu turis di lokasi. Selain itu para mahasiswa juga harus mampu menguasai keadaan dan kondisi di sekitar candi saat memandu turis di kawasan Candi Borobudur, “ ungkap Ari Swastikawati, S. Si., M. A.

Mengusung topik yang berbeda, Jack Priyatna sebagai narasumber kedua memberikan materi mengenai professional guiding.  Sebagai seorang pemandu profesional, beliau membagikan pengalamannya yang sudah bertahun-tahun dalam memandu para turis baik turis domestik maupun turis mancanegara. Jack Priyatna menjelaskan bahwa seorang pemandu profesional harus mampu menguasai objek atau tempat-tempat yang menjadi lokasi tujuan para turis. “ Transfer knowledge atau kemampuan seseorang pemandu profesional dalam menyampaikan dan mengemas penjelasan tentang suatu objek dengan apik akan sangat membantu seorang pemandu dalam melaksanakan pekerjaannya,” tambah Jack Priyatna saat menjelaskan materi pada para mahasiswa.

Setelah penyampaian materi dari para narasumber, para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab pada narasumber. Tanya jawabpun berlangsung secara interaktif. Pada akhir acara, Moch. MalikAl Firdaus, M. Pd sebagai salah satu dosen pembimbing EFT in Practice, berpesan kepada para mahasiswa supaya selalu menjaga sikap dan harus mampu membawa diri saat praktek EFT  di lapangan. (NA)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY