Pembekalan EFT in Practice, Siapkan Mahasiswa Mahir Praktik Guiding

0
83

Pada hari Jum’at (2/3/2018), diadakan pembekalan mata kuliah praktik English for Tourism (EFT) in Practice. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang E.02.2.10 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 6 yang mengambil mata kuliah EFT in Practice. EFT in Practice merupakan mata kuliah pilihan yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar yang telah menempuh mata kuliah EFT 1 dan EFT 2, yang bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang praktik guiding menggunakan bahasa inggris dan pengelolaan pariwisata dan desa wisata. Dalam pembekalan ini menghadirkan pembicara dari luar, yaitu Panggah Ardiyansyah, S.S., M.A. dari Balai Konservasi Candi Borobudur dan Jack Supriatna yang merupakan Profesional Guide dari Lotus Homestay.

Kegiatan pembekalan ini diawali dengan penyampaian ketentuan-ketentuan yang harus diikuti mahasiswa praktikan oleh dosen pengampu mata kuliah EFT in Practice, Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd dan Moch. Malik Al Firdaus, S.Pd., M.Pd. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pembekalan oleh Panggah Ardiyansyah, S.S., M.A. dan Jack Supriatna. Panggah Ardiyansyah, S.S., M.A. menyampaikan materi tentang sejarah, arsitektur, status dan restorasi candi Borobudur, sedangkan Jack Supriatna menyampaikan materi tentang guiding dan tujuan-tujuan wisata di sekitar Candi Borobudur.

Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd, selaku pengampu mata kuliah EFT in Practice menyampaikan bahwa pelaksanaan EFT in Practice ini terbagi selama 1 bulan di enam lokasi, yaitu Candi Rejo, Balai Konservasi Candi Borobudur, Grabah Supoyo, Lotus Homestay, Rumah Dharma, Sankhara. Tiga tempat lokasi terakhir merupakan homestay. Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa luaran wajib EFT in Practice adalah brosur wisata lokasi tempat praktik dan video profil lokasi tempat praktik. “Selain melakukan kerja praktik di lokasi praktik, harapannya kehadiran mahasiswa praktik dapat membantu mempromosikan lokasi praktik melalui brosur dan video profil tersebut, sehingga terwujud simbiosis mutualisme”, imbuh dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang akrab disapa Bu Lili ini. (EJ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY