PEMBEKALAN PPL FKIP UNTIDAR 2017: TEKANKAN UNSUR AFEKSI PADA MAHASISWA

0
274

[FKIP- 17/07/2017] – Pada hari Senin 17 Juli 2017, sebanyak 290 mahasiswa FKIP Universitas Tidar mengikuti pembekalan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Mahasiswa ynag hadir dalam pembekalan tersebut terdiri dari 140 mahasiswa PBSI dan 150 mahasiswa PBI. Acara yang dimulai semenjak pukul 07.30 WIB tersebut berlangsung di Auditorium Universitas Tidar.

Acara dibuka oleh Dekan FKIP Untidar, Prof. Dr. Sukarno, M. Si., yang sekaligus memberikan pengarahan mengenai PPL Untidar 2017. Dalam pengerahannya tersebut, Prof. Dr. Sukarno, M. Si., menekankan pada unsur afeksi atau sikap mahasiswa pada saat pengajaran dan juga 4 kompetensi guru yang perlu dikuasai oleh mahasiswa.

Selain itu, dalam acara pembekalan tersebut hadir 3 pemateri yang ketiganya berasal dari SMAN 1 Magelang. Sebagai pemateri pertama yaitu Wahju Sekar Dewi, S. Pd., yang merupakan guru Bahasa Indonesia, menyampaikan materi mengenai Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Dalam penyampaian materi tersebut, juga disampaikan unsur-unsur yang penting dalam proes pembelajaran diantaranya yaitu perangkat dan pendekatan dalam pembelajaran.

Adapun Drs. Sucahyo Wibowo, M. Pd, sebagai pemateri kedua, yang menyampaikan materi mengenai Persekolahan. Dalam materi Persekolahan yang disampaikan, Drs. Sucahyo Wibowo, M. Pd., juga menjelaan mengenai 8 Standar Nasional Pendidikan. Kedelapan standar tersebut meliputi Standar Isi/ Kurikulum, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan/ Kesiswaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Pengelolaan, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Sebagai pemateri terakhir yaitu Hesti Wulandari, S. Pd., yang menyampaikan materi mengenai Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA. Hesti Wulandari, S. Pd., juga menggarisbawahi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengajar diantaranya yaitu persiapan terhadap peserta didik dan juga persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Dengan disampaikannya materi-materi tersebut, diharapkan mampu memberikan bekal kepada mahasiswa saat melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah praktikan masing-masing. Setelah mendapat pembekalan, mahasiswa akan melakukan penerjunan PPL pada 17 sekolah-sekolah praktikan PPL baik di kota Magelang maupun di kabupaten Magelang. 17 sekolah-sekolah praktikan tersebut yaitu SMAN 1 Magelang, SMAN 2 Magelang, SMAN 3 Magelang, SMAN 4 Magelang, SMAN 5 Magelang, SMA 1 Kota Mungkid, MAN 1 Kota Magelang, SMKN 2 Magelang, MA Al Iman Kota Magelang, SMAN 1 Grabag, SMAN 1 Mertoyudan, MAN Parakan Temanggung, SMA Muhammadiyah Muntilan, SMA El Shadai, SMA KI Regional Berasrama, SMA Muhammadiyah 1, dan SMA Tarakanita. (NA)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY