Pendidikan Biologi UNTIDAR Gelar Seminar Pendidikan Biologi 2019

0
106

Kamis 11 Juli 2019, Program Studi Pendidikan Biologi UNTIDAR bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi menyelenggarakan Seminar Pendidikan dengan tema : Mendesain Project Based Learning (PjBL) melalui Lesson Study. Seminar Pendidikan ini diselenggarakan di Gedung Teknik E2 ruang 03.06. Selain melibatkan pembicara dari Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar, Dr. Ericka Darmawan, M.Pd. sebagai praktisi dan peneliti Pendidikan yang telah menerapkan Project Based Learning dan Lesson Study di Universitas Tidar, juga mengundang pembicara dari Universitas Nusantara PGRI Kediri Dr. Agus Muji Santoso, M.Si. yang pernah mengikuti Program STOLS (Short-term Training on Lesson Study) di Jepang.

Seminar ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa program studi Pendidikan Biologi UNTIDAR. Seminar dimulai pukul 09.00 WIB dibuka dengan persembahan tari Kukilo yang dibawakan oleh mahasiswa Prodi Pendididkan Biologi yaitu Icha Pamira dan Hagni Sukma. Sambutan disampaikan oleh Yoga Aditya selaku Ketua Hima Prodi dan Seminar secara resmi dibuka oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd..

Seminar Pendidikan ini ditujukan untuk mahasiswa pendidikan biologi sebagai bekal awal yang kelak akan menjadi pendidik dan menghadapi kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain memaparkan tentang apa itu Lesson Study dan Project Based Learning (PjBL), pembicara juga memaparkan tentang keunggulan Project Based Learning (PjBL) yang di aplikasikan dengan Lesson Study.

Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan juga memberikan peluang siswa bekerja secara otonom, mengkonstruksi belajar mereka sendiri dan juga puncaknya menghasilkan produk karya siswa yang bernilai realistik. Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang diinisiasi oleh guru-guru di Jepang, kemudian mulai diadaptasi di Indonesia melalui program JICA (Japan International Cooperation Agency). Lesson Study ini dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. Penerapan Project Based Learning (PjBL) melalui Lesson Study ini selain untuk memudahkan siswa dalam memahami materi juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri pada siswa, meningkatkan keaktifan siswa, memberikan nilai lebih tentang empati dan mendorong siswa untuk dapat bekerja secara kelompok. [KG]

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY