Pengalaman Praktik English for Tourism di Bukit Gambang Resort City, Malaysia

0
215

Bukit Gambang Resort City Bukit Gambang Resort City (BGRC) terletak di Gambang, Pahang, Malaysia. Mahasiswa Untidar yang mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini ditempatkan dalam Safari Park (SP) dan Water Park (WP). Nah, didalam SP dan WP kita dibagi lagi untuk berada dalam Guest Service Ticketing (GST) dan Park Ambassador (PA).

Kebetulan saya diletakkan dalam Safari Park, safari terbesar di Malaysia yang memiliki luas 138 ha. Safari Park sendiri terbagi menjadi dua area yaitu Walking Area seluas 50 ha dan Wild Savanna seluas 88 ha. Di sana saya dan empat teman saya menjadi Park Ambassador (PA), menjadi guide untuk menjelaskan berbagai macam spesies hewan yang ada dalam Wild Savanna menaiki tram (kendaraan yang digunakan untuk masuk dalam area Wild Savanna) selama kurang lebih 40 menit. Awal mula bekerja, kami diberi script untuk dipelajari tentang hewan apa saja beserta ciri-ciri nya dan diperbolehkan untuk naik tram dengan memperhatikan bagaimana cara guide senior yang ada di sana menyampaikan script itu kepada para tamu. Jadi kami belum menjelaskan, hanya memperhatikan dan mempelajari. Jika kami kurang paham dengan hewan-hewan di dalam, kami boleh bertanya dengan para guide senior. Mereka dengan senang hati akan menjawab pertanyaan kami dan menjelaskannya, mereka tidak sungkan untuk membagi ilmu kepada kami. Minggu selanjutnya kami diperbolehkan untuk mulai menjadi guide yang sesungguhnya, maksudnya kami sudah boleh menjelaskan hewan-hewan yang terdapat dalam Wild Savanna, baik berpasangan dengan guide senior, berpasangan dengan teman dari Imperia, dengan teman kami sendiri, maupun dibiarkan untuk menjelaskan sendiri.

Tentang bahasa, kami diperbolehkan untuk memakai Bahasa Indonesia, tetapi karena kami telah belajar sedikit bahasa Melayu jadi kami mencampur Bahasa Indonesia dengan Bahasa Melayu, para tamu tetap mengerti dengan apa yang kami sampaikan sebab bahasanya tidak jauh berbeda karena masih satu rumpun. Kadang juga terdapat tamu yang ingin kita untuk berbahasa Inggris sebab mereka tidak bisa berbahasa Melayu, biasanya tamu yang berasal dari Cina. Disana kita juga harus bisa menghafal denah Safari Park sebab para tamu biasanya akan menanyakan dimana lokasi tempat show, tandas, surau, tempat makan, dan area-area lain.

Bekerja di Bukit Gambang Safari Park (BGSP) merupakan suatu kesempatan bagus karena bisa melatih saya untuk lebih bisa berani berbicara di depan khalayak umum. Disana saya bertemu dengan orang-orang baik yang tidak pelit untuk membagi ilmu dan pengalaman mereka selama bekerja di Safari Park. Saya pribadi senang sekali bisa mendapat pengalaman bekerja disana sebab terdapat berbagai tantangan, dimana saya harus bisa untuk melewati tantangan tersebut dengan membuka hati dan pikiran saya dan berfikir bahwa ilmu itu berlimpah, sangat banyak jika kita mau mencari. Serta saya bisa beajar melihat dari berbagai sudut pandang tentang  berbagai perbedaan menghargai perbedaan dan bisa saling peduli dengan perbedaan tersebut. (Ernia

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY