Perdalam Penjaminan Mutu, FKIP Kirimkan 3 Wakil Ikuti Bimtek SPMI

0
225

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untidar makin konsisten memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat. Untuk menunjang hal tersebut, FKIP Untidar mengirimkan 3 dosen untuk mewakili setiap program studi mengikuti acara Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (Bimtek SPMI). Acara tersebut diselenggarakan oleh Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan-Kemenristekdikti dan bertempat di Universitas Veteran Bangun Sukoharjo (Univet). Acara yang bertema Melalui SPMI Kita Tingkatkan Budaya Mutu yang Berkelanjutan tersebut digelar pada Kamis-Jumat (3-4 Agustus 2017).

“Mutu perguruan tinggi terletak pada kekuatan masing-masing prodi. Jika prodi menyelenggarakan layanan dengan baik, perguruan tinggi juga akan baik,” tutur Prof. Kusminarto, fasilitator pusat saat memberikan materi.

Acara tersebut diikuti oleh 8 perguruan tinggi di Jawa tengah. Setiap PT mengirimkan 1 wakil tiap prodi dan 2 wakil penjaminan mutu tingkat PT. Untidar mengirimkan 17 wakil yang terdiri atas 16 wakil prodi dan 1 wakil penjaminan mutu PT merangkap prodi. FKIP diwakili oleh Candradewi Wahyu Anggraeni, M.Pd. (PBI), Asri Wijayanti, S.Pd., M.A (PBSI), dan Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd. (Prodi Pendidikan IPA). PJM Untidar diwakili oleh Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T, koordinator penjaminan mutu Untidar.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguuruan Tinggi mengacu pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 7 ayat (3) c yang berbunyi “Tugas dan wewenang atas penyelenggaraan PT meliputi: c. peningkatan penjaminan mutu, relevansi, keterjangkauan, pemerataan yang berkeadilan, dan akses PT secara berkelanjutan”. Manajemen SPMI mengikuti pola PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) sesuai dengan pasal 52 ayat (2) UU No. 12 Tahun 2012.

Acara dilanjutkan dengan Rencana tindak lanjut (RTL) implementasi SPMI dan umpan balik dari fasilitator. Selain fasilitator pusat, pada acara tersebut dihadirkan juga fasilitator wilayah, Dr. Ir. Supari. RTL akan diaudit setelah 6 bulan. WJ

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY