Praktek Mengajar di Luar Negeri, Mahasiswa FKIP Pamitan ke Rektor

0
169

Pada hari kamis (19/7) bertempat di gedung Rektorat Universitas Tidar (UNTIDAR), sebanyak 20 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNTIDAR berpamitan ke Rektor UNTIDAR untuk mengikuti program praktek mengajar di luar negeri. Dari kedua puluh mahasiswa tersebut, 11 orang mahasiswa mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Kebangsaan, 2 orang mahasiswa mengikuti Program SEA Teacher dan 7 orang mahasiswa S2 mengikuti Program KKL. Kedua puluh mahasiswa tersebut berpamitan ke Rektor, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Among Wiwoho, S.E., M.M., selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan, sedangkan mahasiswa FKIP didampingi oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, serta Ketua Jurusan Bahasa dan Seni FKIP UNTIDAR.

Program PPL Kebangsaan, yang diikuti 8 orang mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan 3 orang mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI) ini, dilaksanakan di lima sekolah di Malyasia, yaitu di Sekolah Menengah Sains Hulu Selangor, SK Hulu Yam Baru, SK Taman Bunga Raya 1, SK Taman Bunga Raya 2, dan SK Bandar Sungai Buaya. PPL Kebangsaan ini rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 23 Juli sampai 19 Agustus 2018.

Program SEA Teacher diikuti 2 orang mahasiswa Program Studi S1 PBI. Program SEA Teacher merupakan salah satu program dari SEAMEO (Southeast Asian Ministerof Education Organization)yang mengadakan pertukaran mahasiswa yang akan mengajar bahasa inggris di berbagai negara Asia Tenggara. Dalam program ini, FKIP UNTIDAR mengirim dua orang mahasiswa yang akan melakukan praktik mengajar di Iloilo Science and Technology University – Filipina dan menerima dua orang mahasiswa asing dari Chiang Rai Rajabhat University – Tahiland yang akan melakukan praktik mengajar di SMA Negeri 1 Magelang. Program ini berlangsung 13 Agustus – 11 September 2018. Dalam pamitan ini juga turut serta tujuh orang mahasiswa Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Malaysia.

Dalam berpamitan, Dekan FKIP, Prof. Dr. Sukarno, M.Si., yang mewakili rombongan menyampaikan bahwa diharapkan mahasiswa praktikan tidak hanya mengasah hard skill, tetapi juga harus mengasah soft skill, terutama kemampuan beradaptasi dengan kebudayaan di negara lain. “Mahasiswa praktikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi secara internasional”, imbuh Prof. Dr. Sukarno, M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala BUK, Among Wiwoho, S.E., M.M., menyampaikan selamat bertugas dan menjaga nama baik UNTIDAR dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Teman-teman mahasiswa diharapkan mencermati perbedaan kultur antara di Indonesia dan di Malaysia agar tidak terjadi masalah selama bertugas di sana”, imbuh beliau. (EJ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY