PRODI BARU PENDIDIKAN BIOLOGI DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA MENERIMA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2018

2
481

Tahun ini merupakan kabar membahagiakan bagi seluruh civitas akademika Untidar khususnya dua Program Studi Baru di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pasalnya, kedua program studi baru tersebut diperbolehkan menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun ini. Hal tersebut berdasarkan SK Menteri Ristekdikti Nomor 331/KPT/I/2017 tentang Izin operasional Program Studi Pendidikan Biologi (S1) dan SK Menteri Ristekdikti Nomor 390/KPT/I/2017 tentang Izin Operasional Pendidikan Matematika (S1). Sebenarnya kedua program studi tersebut memperoleh izin operasional pada Tahun 2017, namun terkendala turun izin dari Kemristekditi saat pertengahan tahun 2017 sehingga pada tahun kemarin belum bisa menerima mahasiswa baru. FKIP terus berbenah untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan dua program studi baru tersebut termasuk sarana dan prasarana, kurikulum, dosen, dan lain-lain. Hari Wahyono (Wakil Dekan I) mengungkapkan bahwa rencana jumlah penerimaan mahasiswa baru untuk Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika masing-masing tiga kelas dengan setiap kelas maksimum 35 mahasiswa. Namun rencana tersebut bisa berubah karena melihat situasi dan kondisi kedepan.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar pada kedua program studi tersebut dapat mengikuti jalur seleksi yang telah ditetapkan. Terdapat tiga jalur seleksi yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Untidar (SMM-Untidar). SNMPTN merupakan jalur seleksi penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa berdasarkan nilai rapor. Pendaftaran melalui SNMPTN telah dibuka pada 21 Februari – 6 Maret 2018. SBMPTN merupakan jalur seleksi berdasarkan hasil ujian tulis baik cetak maupun berbasis komputer secara serentak di seluruh Indonesia. Pendaftaran melalui SBMPTN akan dibuka pada 5 April – 27  April 2018. Sementara SMM-Untidar merupakan seleksi mandiri yang dilakukan oleh Untidar melalui ujian tulis. Pendaftaran SMM-Untidar akan dibuka pada 8 Juni – 6 Juli 2018. Calon mahasiswa juga berkesempatan memperoleh beasiswa bidikmisi dan beasiswa prestasi lainnya bagi yang memenuhi syarat.

Secara umum, calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi harus memenuhi syarat administratif. Pertama, Lulusan SMA, MA, SMK, MAK, Paket C Tahun 2016, 2017, dan 2018. Kedua, memiliki ijazah bagi lulusan tahun 2016 dan 2017 atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dan fotokopi rapor tiga tahun terakhir bagi lulusan tahun 2018. Ketiga, memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter. Selain itu juga calon mahasiswa tidak boleh buta warna bagi yang berminat program studi pendidikan biologi. Info lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru dapat diperoleh dengan mengunjungi laman http://um.untidar.ac.id.

Bagikan :

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY