Prodi PBSI Sambut Proses Visitasi Akreditasi

0
469

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sabtu (6/5) kemarin menjalani proses visitasi akreditasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN – PT). Tim asesor yang terdiri dari Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. dari Uiversitas Negeri Jakarta serta Prof. Dr. Nurhayati, M.Pd. dari Universitas Sriwijaya disambut hangat oleh seluruh dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, serta alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untidar. Proses visitasi berjalan dengan baik dan lancar, memakan waktu selama satu hari penuh sejak pukul 08.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Dalam mempersiapkan visitasi akreditasi seluruh dosen telah bekerja keras sejak setahun lalu. Rangga Asmara, M.Pd. Koordinator Prodi PBSI menjelaskan, “Proses penyusunan borang tidaklah sebentar, sudah disiapkan dari bulan Juni tahun 2016. Memang ada kesulitan pengumpulan data, khususnya di bidang kurikulum seperti silabus, SAP, dan penelitian dosen. Ya mudah-mudahan apa yang dicita-citakan bisa tercapai, prodi PBSI kembali meraih nilai A.” Sebagai informasi saat ini prodi PBSI terakreditasi B oleh BAN – PT maka tak ayal jika para dosen berupaya keras dan optimis untuk meningkatkan nilai akreditasinya,

Dokumen borang Prodi (III A) dinilai oleh Prof. Dr. Nurhayati, M.Pd. ditanggapi Ketua Jurusan FKIP Lilia Indriani, M.Pd. serta Koordinator Program Studi PBSI, Rangga Asmara, M.Pd. Selain itu hadir pula para dosen pengajar prodi yang turut serta membantu penyusunan borang dari awal hingga akhir. Di lain tempat, borang institusi FKIP Untidar (III B) dinilai oleh Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ditanggapi Dekan FKIP Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Wakil Dekan I Drs. Hari Wahyono, M.Pd., serta Wakil Dekan II Dr. Dwi Winarsih, M.Pd. Dalam penilaian borang ini ditanyakan hal-hal terkait visi-misi fakultas, struktur organisasi fakultas, suasana akademik, instrumen mutu, peningkatan sumber daya manusia, dan masalah seputar pembiayaan.

Seperti pada saat visitasi dan verifikasi pada umumnya, prodi ataupun fakultas diminta menunjukkan bukti-bukti fisik berbagai kegiatan yang dilaporkan dalam keterangan borang, seperti berbagai notulen rapat, surat undangan rapat, daftar peserta rapat, SK Mengajar, Sertifikat Pendidik, Kurikulum, Jejak Alumni, berbagai SOP, dokumen PMB, jurnal, karya dosen dan mahasiswa, akses kerjasama dalam dan luar negeri, serta bukti fisik pendukung lainnya.

Dari hasil visitasi tersebut tim asesor menyampaikan beberapa rekomendasi seperti, harus meningkatkan sumber daya manusia dengan memperbanyak lulusan doktor dan menambah jenjang kepangkatan dosen. Berbagai penelitian harus bisa bersaing di luar prodi atau universitas dan penelitian tersebut harus bisa dipublikasikan dalam jurnal ilmiah untuk dapat meningkatkan jenjang prodi. Dalam bidang kurikulum disarankan untuk lebih banyak mengikuti asosiasi. Saran terakhir, supaya dapat mengembangkan perpustakaan online berikut sarana prasarana, akses komputer yang disediakan, sumber pustaka ditingkatkan, dan memperbanyak jurnal internasional yang dilanggan. (TP)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY