Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan dan Deskripsinya

1. Guru Bahasa Indonesia

Guru jenjang pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan SMP/MTs) yang memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran; memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik; memiliki kemampuan meniliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia; dan memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik

2. Peneliti Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya

Peneliti semenjana yang memiliki kemampuan riset yang memadai baik secara metodologis dan konseptual dalam meneliti dan mempublikasi di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya.

3. Jurnalis/Wartawan

Jurnalis/wartawan yang mampu bekerja di media cetak atau elektronik, mampu melaksanakan tugas jurnalistik secara profesional, bertanggung jawab mengisi kolom-kolom, dan kompeten dalam penyuntingan.

4. Wirausaha Bidang Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya

Wirausaha yang mampu menyemai dan mengembangkan produk-produk usaha di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya. Secara lebih spesifik, lulusan mampu menyemai program layanan belajar yang berorientasi usaha, menghasilkan karya kreatif sastra yang kompetitif di industri kreatif, dan menghasilkan produk-produk kebahasaan yang mampu mengembangkan pembinaan bahasa Indonesia.

Bagikan :