Profil

Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar menyelenggarakan kegiatan pendidikan untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Biologi yang memiliki kecakapan menjadi pendidik bidang Biologi, peneliti bidang Biologi, dan menjadi entrepreneur yang dapat menghasilkan produk-produk bidang Biologi. Penyusunan Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti No.44 Tahun 2015) sebagai upaya menwujudkan tujuan pendidikan Nasional. Dalam rangka penyetaraankualifikasi lulusan yang dapat diterima secara global, penyusunan Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologijuga menyesuaikan dengan Kualifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)(Perpres No.8 Tahun 2012).

Bidang kajian Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi secara umum mencakup bidang pendidikan, biologi, penelitian, dan kewirausahaan (sebagai penciri universitas). Bidang pendidikan mengkaji tentang keilmuan pendidikan Biologi, perencanaan pembelajaran Biologi, pengelolaan pembelajaran Biologi, metode atau model-model pembelajaran pendidikan Biologi, media pembelajaran Biologi, evaluasi pembelajaran pendidikan Biologi. Bidang biologi mengkaji tentang materi biologi sains dan turunan keilmuanya. Bidang penelitian mengkaji penelitian kuantitatif, kualitatif, pengembangan, dan PTK. Bidang kewirausahaan mengkaji kegiatan wirausaha di bidang pendidikan biologi dan biologi.

Dalam rangka menunjuang penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran, program studi Pendidikan Biologi dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung, diantaranya yaitu laboratorium Biologi untuk mendukung bidang kajian biologi dan penelitian, laboratorium microteaching untuk mendukung bidang kajian pendidikan biologi, dan paket program yang mendukung bidang kajian kewirausahaan biologi. Selain itu, program studi Pendidikan Biologi juga berupaya menjalin kemitraan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lulusannya yang dapat memberi kemanfaatan bagi masyarakat luas.

Bagikan :