Profil

Program Studi Pendidikan IPA adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan di Universitas Tidar. program Studi Pendidikan IPA berdiri tanggal 7 Februari 2107, sesuai dengan SK penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA dari Dikti Nomor 122/KPT/I/2017 perihal ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA jenjang Sarjana (S1). Program Studi ini beralamat di Jalan Kapten Suparman 39 Magelang.

Kurikulum Program Studi Pendidikan IPA merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang merujuk KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Proses pembelajaran mengintegrasikan nilai-nilai riset sehingga lulusan diharapkan mampu berkarya dalam bidang pendidikan dan berdaya saing di tingkat nasional.Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan sarjana Pendidikan IPA yang siap menjadi Pendidik di bidang IPA, Peneliti pendidikan IPA, dan Wirausahawan pendidikan IPA, dengan kompetensi lulusan sebagai berikut.

  1. Lulusan yang mampu membelajarkan IPA secara profesional.
  2. Lulusan yang mampu meneliti di bidang IPA dan pembelajarannya.
  3. Lulusan yang mampu mempublikasikan hasil penelitian.
  4. Lulusan yang mampu mengembangkan produk-produk usaha bidang pendidikan IPA.

Kurikulum yang dikembangkan mengkaji tentang keilmuan dan keahlian tentang ilmu pengetahuan alam dan ilmu pendidikan. Berbagai Ilmu pengetahuan alam yang mencakup biologi, kimia, dan fisika. Ilmu pendidikan mencakup kurikulum, media pembelajaran, sumber belajar, psikologi, teori pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Proses pendidikan dilengkapi dengan laboratorium yang digunakan selama proses pembelajaran berupa:

  1. Laboratorium IPA Terpadu sebagai penunjang mata kuliah bidang kajian IPA.
  2. Laboratorium Micro-teaching sebagai penunjang mata kuliah kependidikan dan praktik mengajar sebelum praktik di sekolah mitra.

Keterkaitan keilmuan dan keahlian Program Studi Pendidikan IPA dengan bidang lainnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

gambar1

 

 

Bagikan :