Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar (FKIP-Untidar). Berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VI Nomor 032/SK/Kpt/VII/1979, tanggal 17 Juli 1979, Fakultas ini berdiri sebagai Fakultas Sastra dengan satu jurusan yaitu Jurusan Bahasa Inggris. Selanjutnya dengan terbitnya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No:033/0/1981 tanggal 22 Januari 1981, Fakultas berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan memiliki dua jurusan yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris untuk Program Sarjana Muda. Pada tahun 1984 terbit SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No:0395/0/1984 yang diterapkan di Jakarta pada tanggal 29 Agustus 1984, FKIP diberi hak menyelenggarakan pendidikan dengan jenjang Strata Satu (S-1). Pada 1 April 2014 berdasarkan Perpres Nomor 23 Tahun 2014, pemerintah mendirikan Universitas Tidar sebagai Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Universitas Tidar dideklarasikan sebagai PTN pada 2 April 2014 di Istana Negara.

Dalam rangka penjaminan mutu pengelolaan, lulusan, serta pertanggungjawaban kepada masyarakat, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara berkala melakukan penjaminan mutu internal (SPMI) dan melakukan penjaminan mutu eksternal (SPME) melalui akreditasi program studi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini status Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah terakreditasi dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT Depdikbud RI Nomor 021/BAN-PT/AK-XV/S1/VII/2012. Oleh karena itu, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berhak menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan evaluasi secara mandiri.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia didirikan khusus untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap menjadi guru bahasa Indonesia, peneliti, jurnalis, dan wirausaha, dengan deskripsi profil sebagai berikut.

  • Memiliki pengetahuan kependidikan
  • Memiliki pengetahuan kebahasaan
  • Memiliki pengetahuan kesastraan
  • Memiliki pengetahuan kejurnalistikan
  • Memiliki pengetahuan kewirausahaan
  • Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
  • Memiliki keterampilan bersastra Indonesia
  • Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran
  • Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
  • Memiliki kemampuan meniliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia
  • Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik
  • Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia

Saat ini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki dosen tetap sebanyak 14 orang (2 orang berkualifikasi S-3, 12 orang berkualifikasi S-2, dan 4 orang sedang menyelesaikan studi S-3). Jabatan fungsional akademik dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdiri atas 1 orang guru besar, 2 orang lektor kepala, 2 orang lektor, 6 orang asisten ahli, dan 3 orang tenaga pengajar). Dosen yang telah mendapatkan sertifikat pendidik berjumlah 8 orang. Jumlah tenaga kependidikan penunjang proses perkuliahan sebanyak 9 orang (1 orang berkualifikasi S-2, 1 orang berkualifikasi S-1, 1 orang berkualifikasi D-3, dan 5 orang berkualifikasi SMA).

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah mengembangkan kurikulum 2016 yang merujuk KKNI, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan Kurikulum Nasional Asosiasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kurikulum 2016 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan dengan rumusan standar kompetensi lulusan dan capaian pembelajaran lulusan dalam formula 144 SKS yang dapat ditempuh selama kurun waktu paling sedikit 7 semester (3,5 tahun) dan paling lama 14 semester (7 tahun).

A. VISI

Menjadi pengembang ilmu di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis riset, berwawasan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK), dan berjiwa wirausaha yang mampu bersaing di wilayah Asia Tenggara

B. MISI

  • Mengembangkan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang didasari pendekatan riset dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan agama.
  • Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang didasari wawasan TIK.
  • Mengembangkan jejaring dalam skala Asia Tenggara dalam mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yang mendukung pengembangan pribadi mahasiswa dan dosen menjadi ilmuwan yang berjiwa pendidik, peneliti, pengembang wirausaha dan ipteks.
  • Mengembangkan tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

C. TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan dengan karakteristik sebagai berikut.
  1. Memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma keilmuan dan pengajaran di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Memiliki keterampilan pokok dalam melakukan interaksi atau negosiasi dalam pengajaran bahasa Indonesia.
  3. Memiliki kecakapan akademik dalam merespons tantangan dan permasalahan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sehingga dapat menjawab perubahan-perubahan dunia di bidang pendidikan.
  • Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diimplementasikan secara nyata di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan dapat dipublikasi dalam skala nasional dan internasional.
  • Terealisasinya kerjasama dengan pemangku kepentingan baik institusi pendidikan maupun nonpendidikan dalam skala Asia Tenggara di bidang akademik, kolaborasi penelitian, dan kerja sama implementasi hasil penelitian.
  • Menghasilkan sistem tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

Profil Lulusan dan Deskripsinya

No Profil Deskripsi
1 Guru Bahasa Indonesia Guru jenjang pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan SMP/MTs) yang memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran; memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik; memiliki kemampuan meniliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia; dan memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik
2 Peneliti Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Peneliti semenjana yang memiliki kemampuan riset yang memadai baik secara metodologis dan konseptual dalam meneliti dan mempublikasi di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya.
3 Jurnalis/Wartawan Jurnalis/wartawan yang mampu bekerja di media cetak atau elektronik, mampu melaksanakan tugas jurnalistik secara profesional, bertanggung jawab mengisi kolom-kolom, dan kompeten dalam penyuntingan.
4 Wirausaha Bidang Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Wirausaha yang mampu menyemai dan mengembangkan produk-produk usaha di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya. Secara lebih spesifik, lulusan mampu menyemai program layanan belajar yang berorientasi usaha, menghasilkan karya kreatif sastra yang kompetitif di industri kreatif, dan menghasilkan produk-produk kebahasaan yang mampu mengembangkan pembinaan bahasa Indonesia.
Ketua Jurusan Bahasa dan Seni Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd.
Sekretaris Jurusan Bahasa dan Seni Drs. Budiono, M.Pd.
Plt. Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Rangga Asmara, M.Pd.
Kepala Laboratorium Rini Estiyowati Ikaningrum, S.S., M.Pd.
1 Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.
2 Drs. Fx. Samingin, M.Hum.
3 Dr. Yulia Esti Katrini, MS.
4 Drs. Budiono, M.Pd.
5 Dra. MG Supeni, M.Si.
6 Molas Warsi Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
7 Imam Baihaqi, S.Pd., M.A.
8 Rangga Asmara, S.Pd., M.Pd.
9 Dra. Riniwati SA, M.Pd.
10 Drs. Hari Wahyono, M.Pd.
11 Dra. Mursia Ekawati, M.Hum.
12 Asri Wijayanti, S.Pd., M.A
13 Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.
14 Irsyadi Shalima, S.S., M.A.
Bagikan :