Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar  yang pertama dikukuhkan dengan SK Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V Nomor: 032/SK/Kpt/VII/1979, tanggal 17 Juli 1979 oleh Koordinator, Drs. Wuryanto NIP 130037451. Saat itu nama fakultasnya adalah Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa Inggris. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.: 033/0/1981 yang ditetapkan di Jakarta, 22 januari 1981, Fakultas Keguruan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Joesoef, dengan salinannya oleh Soejoto, S.H. NIP 130317258, memiliki Jurusan Bahasa Inggris dan Jurusan Bahasa Indonesia. Pada waktu itu fakultas menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana muda.

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0395/0/1984 yang ditetapkan di Jakarta 29 Agustus 1984, oleh Prof.Dr. Nugroho Noto Susanto, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar  yang di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Tidar Magelang di Magelang, mulai menyelenggarakan pendidikan jenjang program S1. Kemudian 22 Mei 1986 Program Studi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia ditetapkan kembali di Jakarta oleh Sekretaris Jendral, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Soedianto Wirjoprasanto, dengan No.0389/0/1986 dengan adanya perubahan jenjang pendidikan.  Selanjutnya terjadi perubahan status, yaitu UTM (PTS) menjadi Untidar (PTN) didasarkan  pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pendirian Universitas Tidar dan ditandatangani oleh Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat ini status Program Studi PBI adalah Terakreditasi (B) berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI No. 1201/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015, dengan masa berlaku sampai tanggal 12 Desember 2020). Berdasarkan SK tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berhak menyelenggarakan ujian sendiri.

A. VISI PRODI

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berbasis riset unggul dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing di tingkat MEA pada tahun 2026.

B. MISI PRODI

  1. Melaksanakan pendidikan bahasa Inggris berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, berdaya saing tinggi dan menguasai teknologi informasi/komunikasi,
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan bahasa Inggris yang bermanfaat bagi masyarakat,
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Melaksanakan tata kelola program studi yang efektif dan efisien dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

C. TUJUAN

  1. Terhasilkannya lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang tinggi.
  2. Terhasilkannya penelitian dan publikasi ilmiah sesuai kebutuhan masyarakat di tingkat MEA.
  3. Tersedianya layanan dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kajian ilmiah sesuai tuntutan masyarakat.
  4. Terciptanya sistem tata kelola program studi yang efektif dan efisien dalam mendukung pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan layanan kemahasiswaan;
  5. Terpenuhinya sarana prasarana pembelajaran yang lengkap sesuai perkembangan teknologi di tingkat MEA.

PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSINYA

No. PROFIL DESKRIPTOR
1. Pendidik Bahasa Inggris a.    Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang di hadapi                          (kemampuan kerja level 6)
b.    Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural (pengetahuan level 6)
c.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alrternatif solusi secara mandiri dan kelompok  (kemampuan managerial level 6).
d.   Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat di beri tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (kemampuan managerial level 6)
2. Edupreneur a.    Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang d hadapi (kemampuan kerja pada level 6)
b.    Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah porcedural (pengetahuan level 6)
c.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alrternatif solusi secara mandiri dan kelompok  (kemampuan managerial level 6).
d.   Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat di beri tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (kemampuan managerial level 6)
3. Peneliti a.    Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang d hadapi (kemampuan kerja pada level 6)
b.    Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah porcedural (pengetahuan level 6)
c.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alrternatif solusi secara mandiri dan kelompok  (kemampuan managerial level 6).
d.   Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat di beri tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (kemampuan managerial level 6)
Ketua Jurusan Bahasa dan Seni Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd.
Sekretaris Jurusan Bahasa dan Seni Drs. Budiono, M.Pd.
Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd.
Kepala Laboratorium Rini Estiyowati Ikaningrum, S.S., M.Pd.
1 Prof. Dr. Sukarno, M.Si.
2 Dr. A. Sri Haryati, M.Pd.
3 Drs. Antonius Yuwono, M.Pd.
4 Ali Imron, S.S., M.Hum.
5 Retma Sari, S.Pd., M.Pd.
6 Winda Candra Hantari, S.S., M.A.
7 Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd.
8 Dr. Dwi Winarsih, M.Pd.
9 Dr. Farikah, M.Pd.
10 Rini Estiyowati Ikaningrum, SS, M.Pd.
11 C. Prima Ferri Karma, S.Pd., M.Pd.
12 Sri Sarwanti, S.Pd., M.Hum.
13 Moch. Malik Al Firdaus. S.Pd, M.Pd.
14 Widya Ratna Kusumaningrum, S.Pd., M.Ed., M.Pd.
15 Arum Nisma Wulanjani, S.Pd., M.Pd.
16 Atsani Wulansari, S.S., M.Hum.
17 Candradewi Wahyu Anggraeni, S.Pd., M.Pd.
18 Endah Ratnaningsih, S.Pd., M.Pd.
19 Gilang Fadhilia Arvianti, S.S., M.Hum.
Bagikan :