Program Studi di FKIP Siapkan Akreditasi

0
59

Kegiatan yang dilakukan program studi di universitas tidak hanya sebatas kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ada hal lain yang cukup vital untuk dilakukan oleh program studi yaitu akreditasi. Akreditasi merupakan salah satu penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga tinggi oleh pihak di luar lembaga yang independen. Penetapan akreditasi melalui proses evaluasi dan penilaian serta penetapan status prodi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Akreditasi bermanfaat untuk semua pihak baik pemerintah, mahasiswa dan atau calon mahasiswa, pasar kerja nasional maupun internasional, dan program studi yang bersangkutan.

Beberapa program studi di FKIP sudah mengagendakan kegiatan akreditasi. Awal tahun 2019 ini Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia  (S2 PBI) dan Prodi S1 Pendidikan IPA (S1 P.IPA) sedang mempersiapkan akreditasi prodi. Prodi S2 PBI yang mendapat SK pendirian Prodi terhitung September 2017 ini sudah melakukan persiapan akreditasi sampai tahap ceklist data dan segera diagendakan untuk melalui tahapan monev internal. Prodi S2 PBI yang semula terhambat dengan adanya SDM dosen kini sudah tidak risau lagi, pasalnya jumlah SDM pada Prodi S2 PBI sudah memenuhi dengan adanya tambahan 2 orang Doktor. Prodi ini merencanakan tanggal 15 Maret 2019 untuk pengajuan penilaian borang akreditasi.

Tak berbeda jauh dengan prodi S2 PBI, Prodi S1 P.IPA juga sedang mempersiapkan akreditasi prodi. Prodi yang terbentuk perbulan Februari 2017 ini juga memasuki waktu tenggang 2 tahun untuk pengajuan akreditasi. Prodi yang saat ini sudah memiliki 3 orang Doktor ini dan sudah melakukan berbagai program kerja dalam 2 tahun terakhir kini sedang dalam tahap penyusunan borang akreditasi. Kedua prodi tersebut masih dalam penyusunan borang 7 standar. Harapannya paling tidak keduanya mendapat minimal akreditasi B. Eko Juliyanto, M. Pd. selaku koordinator Prodi P.IPA berkomentar “kami mengharap dukungan dan doa dari semua pihak agar akreditasi Prodi berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan”.

Nyatanya persiapan akreditasi tidak hanya dilakukan oleh kedua prodi tersebut. Prodi S1 Pendidikan Biologi dan Prodi S1 Pendidikan Matematika juga mengagendakan kegiatan akreditasi pada tahun 2019 ini. Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris juga mengagendakan kegiatan re-akreditasi di tahun 2019 ini. Begitu pentingnya akreditasi Prodi baik bagi sivitas akademika, masyarakat, dan prodi itu sendiri sehingga kegiatan ini menjadi hal dan perhatian khusus bagi setiap Prodi. ET

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY