SEMARAK BULAN BAHASA 2016 FKIP UNTIDAR GELAR SEMINAR POLITIK BAHASA

0
154

FKIP-UNTIDAR (19/10). Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Tahun 2016, FKIP Untidar menggelar Seminar Nasional Politik Bahasa yang bertajuk “Merajut Kebinekaan Bahasa sebagai Pemerkukuh Ikatan Kebangsaan” Rabu, 19 Oktober 2016 di Auditorium Universitas Tidar. Seminar ini sekaligus sebagai pembuka dalam rangkaian kegiatan Bulan Bahasa yang terdiri atas 17 kegiatan. Prof. Dr. Sukarno, M.Si. Dekan FKIP Untidar dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan ada 16 kegiatan lainnya dalam memperingati Bulan Bahasa tahun ini. “Melalui kegiatan ini, kita mendukung pelaksanaan UU No. 20 Tahun 2004,” imbuhnya. Tak lupa, Sukarno pun mengimbau kepada semua peserta seminar untuk meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

IMG_5559

Seminar Nasional yang digagas oleh Dr. Dwi Winarsih, M.Pd. dan Dr. Yulia Esti Katrini, M.S. ini mendatangkan pakar-pakar linguistik, di antaranya Prof. Dr. Mahsun, M.S., Guru Besar Universitas Mataram dan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Periode 2011-2015. Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Ketua Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. Rektor Universitas Tidar.

Ketiganya, memaparkan materi yang sangat menarik seperti persoalan-persoalan bahasa yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mahsun, M.S. Beliau mengungkapkan bahwa negara dan bangsa dibangun atas pondasi bahasa. Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. pun dalam paparan materinya mengungkapkan bahwa ada tiga hal besar dalam menginternasionalisasikan bahasa Indonesia, yakni penyebarluasan bahasa Indonesia, pengayaan kosakata baru, dan penumbuhan budaya literasi. Di lain sisi, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M. Pd. menambahkan penganalisisan bahasa melalui cerpen.

Seminar Nasional kali ini sangat mengundang antusiasme para peserta. Hal ini, tampak pada jumlah peserta yang melebihi kuota mencapai 502 peserta. Seminar ini pun terselenggara dengan semarak dan meriah karena mahasiswa PBSI semester 5 menyanyikan beberapa lagu daerah sebagai upaya untuk mempelajari bahasa-bahasa nusantara. (WL)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY