Siapkan Calon Guru Professional, FKIP Bekali Mahasiswa dengan PPL

0
52

FKIP merupakan fakultas yang menghasilkan lulusan calon guru. Salah satu upaya untuk menyiapkan calon guru yang professional, FKIP UNTIDAR mengadakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa. Di Tahun 2018, FKIP Untidar mengadakan beberapa program pengalaman lapangan diantaranya PPL nasional, PPL antar bangsa, dan pertukaran mahasiswa sebagai SEA TEACHER.

PPL merupakan program yang memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan praktik mengajar, layanan kesulitan belajar, dan praktik sekolah. PPL nasional dilaksanakan pada semester gasal 2018/2019 dengan sistem blok waktu selama 3 bulan. Sementara itu, PPL antar bangsa dan pertukaran mahasiswa ssebagai Sea Teachers dilaksanakan dengan sistem blok selama 1 bulan.

Mahasiswa peserta PPL harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya adalah telah menempuh dan lulus minimal 110 SKS, mencantumkan mata kuliah PPL pada KRS, telah lulus mata kuliah prasyarat, serta terdaftar sebagai mahasiswa program S1 FKIP Untidar pada semester diselenggarakannya PPL.

PPL nasional merupakan PPL yang dilaksanakan di sekolah yang berada di dalam negeri yang sementara dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Magelang. Terdapat 20 kelompok mahasiswa peserta PPL dari Prodi Bahasa Inggris dan 22 kelompok mahasiswa peserta PPL dari Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia yang terdistribusi dalam 16 sekolah mitra PPL nasional. Setiap kelompok akan dibimbing oleh satu dosen pembimbing lapangan (DPL). PPL nasional direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli sampai 26 Oktober 2018.

 “Semoga PPL nasional, PPL antar bangsa, dan kegiatan SEA TEACHER 2018 dapat berjalan dengan lancar, sukses, tanpa kendala yang berarti” kata ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Lilia Indriani, M. Pd. pada saat diwawancara. (RI)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY