Sistem Baru Pembimbingan KRS

0
77

Setiap awal semester, mahasiswa diwajibkan mengajukan rencana studi, termasuk mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir/ skripsi. Mulai semester ini, sistem pembimbingan Kartu Rencana Studi (KRS) mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi yaitu terdapat penambahan opsi Penawaran Mata Kuliah dan menu Batal Tambah KRS (KRS Tahap 2) diadakan sebelum perkuliahan dimulai.

Menurut Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Matematika, Arief Budi Wicaksono, M.Pd., “Tujuan penambahan menu Penawaran Mata Kuliah adalah untuk mengetahui jumlah mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah sehingga dapat diestimasi banyaknya kelas yang akan di buka untuk mata kuliah tersebut”. Pada sistem Pengisian KRS sebelumnya mahasiswa langsung mengisi KRS tanpa harus memesan mata kuliah, sehingga tidak dapat diketahui banyaknya mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah tersebut. Penawaran kuliah pada semester genap tahun akademik 2018/2019 dijadwalkan pada 7-13 Februari 2019.

Kegiatan Pengisisan KRS dan Validasi KRS dilaksanakan pada tanggal 20-22 Februari 2019 mendatang. Pengisian KRS dan Validasi KRS di semester ini tidak berbeda dengan semester sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan untuk mahasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan non UKT.

Kegiatan KRS Tahap 2 atau Batal Tambah KRS dijadwalkan pada  tanggal 25-28 Februari 2019, sebelum perkuliahan dimulai. Menurut Arief Budi Wicaksono, M.Pd., “Adanya perubahan jadwal Batal Tambah KRS untuk mengantisipasi kerugian yang dialami mahasiswa. Jika Batal Tambah KRS dijadwalkan setelah perkuliahan dimulai, maka mahasiswa bisa kehilangan sampai dua kali pertemuan”. Berdasarkan sistem, mahasiswa yang kehadirannya tidak mencapai 75% tidak diizinkan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). [FR]

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY