FKIP (27/12)- Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tidar menggelar acara bertajuk TEFL WEEK. Acara ini diselenggarakan di auditorium Universitas Tidar tanggal 27- 29 Desember  2016. TEFL WEEK in merupakan output dari mata kuliah TEFL 2 yang diikuti oleh 180 mahasiswa. Dalam TEFL WEEK ini, mahasiswa semester 5 Pendidikan Bahasa Inggris memamerkan strategi pembelajaran yang telah mereka buat dalam bentuk poster dan media pembelajaran.

Widya Ratna Kusumaningrum, M.Ed., pengampu TEFL 2, mengungkapkan tujuan TEFL WEEK yaitu untuk menunjukan bahwa pengajaran bahasa bisa dilakukan dengan berbagai strategi yang menyenangkan dan bisa membuat siswa tertarik dalam pembelajarannya. Senada dengan Widya, tim teaching mata kuliah TEFL 2, Lilia Indriani,M.Pd. menjelaskan pameran ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan cara berfikir kristis mahasiswa sebagai seorang calon pendidik yang akan menghadapi generasi Z.

Sementara itu, Clarissa Vasthi, mahasiswa kelas TEFL ini menjelaskan strateginya kepada para pengunjung. Strategi yang diberi judul “What is the Topic”  ini cukup unik. Siswa dapat bermain panahan dan menyusun topik yang mereka dapatkan dari masing-masing dart-board. Lebih lanjut, Clarissa memaparkan persiapan dan antusias nya dalam mengikuti TEFL WEEK ini. “Persiapan media dan poster memakan waktu 2-3 hari. Tapi saya sangat senang karena suatu saat nanti media dan strategi ini bisa saya pakai untuk PPL. “  Selanjutnya, Rahayu Nastiti  juga memamerkan dan menjelaskan strategi yang dia buat. Strategi yang diberi judul “The Glory Land” membutuhkan persiapan selama satu minggu. Persiapan yang dia lakukan adalah membuat beberapa pulau dari gabus, membuat pertanyaan, dan juga memotong-motong gambar untuk puzzle. Rahayu juga mensimulasikan cara memainkan media pembelajaran dan strategi yang dia ciptakan. “Banyak sekali stategi pembelajaran yang bisa saya dapatkan melalui acara ini,” tambahnya lagi dengan antusias.

TEFL WeekFicky Jihan Ababa, koordinator acara TEFL WEEK ini mengaku bangga dan bahagia atas terselenggaranya acara ini. Prersiapan yang dia lakukan bersama teman-teman ya selama2 hari sebelum hari-H membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjug dari mahasiswa dan dosen. Gilang Fadhilia A, M.Hum.  salah satu dosen Pendidikan Bahasa Inggris ini mengungkapkan kekagumannya pada strategi yang diciptakan mahasiswa. Disamping itu, Arum Nisma Wulanjani, M.Pd.,salah satu pengunjung acara ini menyarankan para mahasiswa untuk membukukan strategi yang mereka ciptakan. “Bagus,Kreatif,incredible. Ide-ide mereka sangat inspiratif dan cocok untuk diterbitkan menjadi buku.” tambahnya. (AW)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY