Tim PKMK FKIP, Satu-satunya Wakil Untidar ke PIMNAS 29

0
74
PIMNAS FKIP Untidar

Sahrul Mubarok, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untidar, dan keempat anggota timnya yang tergabung dalam Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) LA SEGAR (Lukisan dari serbuk gergaji) lolos seleksi dan berhak mewakili Untidar dalam PIMNAS ke 29 di Institut Pertanian Bogor (IPB). Xander Salahudin, S.T., M.Eng., pendamping UKM kreativitas mahasiswa, mengungkapkan “La Segar adalah satu-satunya wakil Untidar yang berhasil melaju ke PIMNAS setelah dilakukan Monev Eksternal bulan Juli lalu. Mereka akan berada di Bogor tanggal 7 – 12 Agustus.”

Sebagai satu-satunya tim perwakilan Untidar, Sahrul Mubarok dan tim melakukan beberapa persiapan. Mereka mempersiapkan produk baru dan menambah varian warna serbuk gergaji untuk lukisannya. Sahrul menjelaskan bahwa warna yang dibutuhkan dalam lukisannya adalah warna hitam, putih, merah, kuning dan coklat. Warna – warna tersebut dihasilkan dari serbuk kayu sono (untuk warna hitam), kayu waru (warna putih), kayu merah (warna merah), kayu nangka (warna kuning) dan kayu jati (warna coklat). Untuk mendapatkan warna yang diinginkan, Sahrul pun memilih berkunjung ke Jepara sebagai salah satu kota penghasil kerajinan kayu di Jawa Tengah. “Untuk cara pembuatannya, kami menyiapkan lima jenis warna serbuk kayu (hitam, putih, merah, kuning, dan coklat). Kemudian kami membuat dasar lukisan dan membuat pola. Setelah pola terbentuk, kami mengoleskan lem dan menaburkan serbuk kayu. Proses terakhir adalah penjemuran.” ujarnya kemudian menjelaskan proses pembuatan produknya.

Dia juga menjelaskan produk baru yang akan mereka bawa ke PIMNAS adalah lukisan tokoh nasional dengan metode WPAP atau Wedha’s Pop Art Potrait. “Untuk WPAP masih dalam proses produksi, nanti tunggu saja waktu launchingnya.”  Sahrul menambahkan.

Selain itu, Siti Naili Solikhah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Untidar akan menjadi salah satu yang mewakili universitas dalam program  Pimnas Investment Summit (PIS).  Program ini merupakan program baru yang akan dilaksanakan di IPB  pada tanggal 9 – 10 Agustus 2016. Menurut Xander, program ini adalah program yang mempertemukan mahasiswa yang memiliki produk jual hasil kreativitas dengan para investor. Naili akan mempromosikan produknya yang bertajuk MIMIK BALON (Miniatur Mobil Antik dari Limbah Paralon) dalam program Pimnas Investment Summit. (AW)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY