Tingkatkan Profesionalisme Dosen lewat ADRI

0
362

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) telah melantik (Dewan Pengurus Daerah) DPD ADRI Jawa Tengah pada 30-31 Januari 2017 bertempat di Hotel Lor In Syariah Solo. Selain pelantikan pengurus diadakan pula International Conference dengan tema “Empowering Science and Technology Human Resources for MEA Global Competition.” Peserta merupakan ahli dan dosen dari seluruh universitas yang ada di Jawa Tengah baik Negeri maupun Swasta, seperti UNS, UNISRI, UNNES, UNTIDAR, Universitas Panca Sakti Tegal, dll. Sesuai dengan tajuk tersebut para peserta diajak untuk terus meningkatkan profesionalisme dosen dalam melakukan tri dharma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

Tidak berhenti sampai disitu, para ahli dan dosen juga dituntut untuk mempublikasikan tulisannya ke jurnal internasional, pasalnya dari ribuan karya ahli dan dosen tersebut tidak banyak yang mampu menembus jurnal internasional.

Salah satu dosen FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UNTIDAR, Dr. Farikah, M.Pd telah dilantik menjadi anggota ADRI, “Bidang garapan ADRI adalah semua yang terkait dengan dosen, jadi saya bisa ketemu dengan banyak ahli yang tentu bisa menambah ilmu dan wawasan”, ungkapnya. Dalam kepengurusan, beliau menjadi anggota divisi bidang bimbingan karir dosen dan serdos. “Salah satu program ADRI dari divisi kelembagaan sedang menyusun rencana program kerja untuk dibahas, termasuk di dalamnya: 1) Lokakarya dan Klinik Akreditasi Prodi dan AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi), 2) Lokakarya Penyusunan Dokumen SPMI (Sistem Penjamin Mutu Internal),  3) Lokakarya Penyusunan Dokumen Institusi, 4) Lokakarya dan Klinik Penyusunan Dokumen Institusi Baru dan Prodi Baru, dll,” tambahnya.

Dosen mungil berkacamata nan lincah ini mengaku sangat cocok untuk masuk dalam divisi tersebut, secara kebetulan sejak bekerja menjadi Dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Tidar dan menjabat sebagai Kaprodi, dirinya merupakan salah satu personil yang mengurus borang, “utak-utik seperti itu saya seneng, cuma selama ini saya belajar sendiri tidak pernah ikut pelatihan, jadi lewat ADRI mungkin saya bisa belajar.”

ADRI Pusat yang diketuai oleh Dr. Achmad Fatoni Rodli,M.Pd. sudah dibentuk sejak 4 tahun yang lalu. Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh untuk pengembangan publikasi ilmiah baik di kancah nasional maupun internasional, DPP ADRI membentuk DPD ADRI di setiap wilayah provinsi seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Tengah, dll.

DPD ADRI Jawa Tengah beranggotakan ahli dan dosen dari Universitas baik negeri maupun swasta, termasuk di dalamnya rektor Universitas Tidar yang menjabat sebagai Dewan Pembina, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. Bagi para dosen lain yang tertarik menjadi anggota ADRI dapat segera mendaftarkan diri dengan melakukan registrasi melalui web: data.p-adri.or.id dan iuran Rp 200.000 pertahun dengan mentransfer ke bank BNI 5711021959 serta mengrim data dan foto ke email rizaq.adri@gmail.com. (TP)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY