Tingkatkan Profesionalisme Kepala Sekolah di Kota Magelang, FKIP Untidar Lakukan Pengabdian ISPI

0
198

ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia) adalah organisasi profesi yang didirikan pada tanggal 17 Mei 1960 dan tersebar di seluruh Indonesia salah satunya di Kota Magelang. Organisasi ini bergerak dalam bidang pendidikan dan berusaha untuk meningkatkan profesionalisme para pendidik di Kota Magelang. Salah satu fokus kegiatan ISPI cabang kota Magelang ini adalah peningkatan kompetensi pendidik lewat seminar, pertemuan ilmiah serta pelatihan. Beberapa dosen FKIP yang tergabung sebagai pengurus dalam bidang penelitian dan pengabdian mengadakan kegiatan pengabdian sesuai dengan fokus kegiatan ISPI tersebut. Pengabdian yang bertajuk “Pelatihan Penelitian Tindakan Sekolah bagi Kepala Sekolah di Kota Magelang” ini diketuai oleh Sri Sarwanti, M.Hum. Pengabdian ini melibatkan dua dosen FKIP yaitu Dr. Sri Haryati, M.Pd. dan Lilia Indriani, M.Pd. serta 4 dosen dari Universitas Muhamadiyah Magelang (UMMagelang).

Peserta pengabdian ini adalah semua kepala sekolah SD, SMP, dan SMA di Kota Magelang. Pengabdian ini direncanakan dilakukan dalam beberapa gelombang. Gelombang 1 dilaksanakan mulai bulan Maret dan diikuti oleh 19 orang dan sudah berjalan selama 6 kali pertemuan dari 8 kali I bulan ini.  “Mulai Maret sampai saat ini, kami sudah melakukan 6 kali pertemuan untuk gelombang 1. Untuk bulan ini, para peserta sedang melakukan penambilan data untuk dilaporkan dalam bentuk artikel setelah lebaran. Pengabdian ini akan terus dilaksanakan sampai semua kepala sekolah di kota Magelang menghasilkan penelitian tindakan sekolah, ” kata Sri Sarwanti menambahkan.

Pengabdian yang dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 13.30 di kantor dinas pendidikan kota Magelang ini menghadirkan penyaji dari FKIP Untidar dan UMMagelang. Para penyaji tersebut adalah Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Dr. Sri Haryati, M.Pd., Sri Sarwanti, M.Hum., dan Dr. Riana Mashar, M.Psi. dari UMMagelang. (AW)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY