Tinjau Visi dan Misi, Prodi PBI Universitas Muhammadiyah Purworejo Berkunjung ke FKIP UNTIDAR

0
91

Senin (30/10), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melakukan kunjungan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Workshop Peninjauan Visi dan Misi Program Studi PBI UMP dengan narasumber Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Dekan FKIP UNTIDAR. Kegiatan ini diikuti oleh dosen Program Studi PBI UMP yang berjumlah 10 orang dan dosen FKIP UNTIDAR. Rombongan Program Studi PBI UMP dipimpin oleh Ketua Program Studi PBI UMP Sri Widodo, S.S., M.Hum. Turut serta dalam rombongan Wakil Dekan FKIP UMP, Ismawati Ika N., S.S. M.Hum, yang merupakan dosen Program Studi PBI UMP. Menurut Sri Widodo, S.S., M.Hum., workshop ini bertujuan untuk meminta masukan terhadap draft visi dan misi. “Kegiatan ini bagian dari persiapan reakreditasi Prodi PBI UMP”, lanjut beliau.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Program Studi PBI UMP dan dilanjutkan dengan pemaparan materi workshop oleh Prof. Dr. Sukarno, M.Si. Prof. Dr. Sukarno, M.Si. menyampaikan bahwa dalam perumusan visi harus memenuhi 6 kriteria, yaitu: Desirable, Consistent, Measurable, Feasible, Flexible, Communicable. “Dalam penyusunan Visi dan Misi Program Studi harus memperhatikan konektivitas dan koherensi dengan Visi dan Misi Universitas dan Fakultas”, lanjut dosen Program Studi PBI UNTIDAR yang akrab disapa Prof. Karno ini.

Setelah pemaparan materi oleh Prof. Dr. Sukarno, M.Si., kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Pada kesempatan ini, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNTIDAR, Rangga Asmara, S.Pd., M.Pd., menyampaikan masukan bahwa Visi dan Misi program studi sebaiknya menampilkan karateristik program studi yang membedakan dengan program studi sejenis di Universitas lain. Ketua Jurusan Bahasa dan Seni FKIP UNTIDAR, Lilia Indriani, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa salah satu komponen yang bisa dimaksimalkan dalam penilaian borang akreditasi adalah penulisan berita di website. “Setiap ada kegiatan maupun event di FKIP, kami menampilkan beritanya di website FKIP. Hal ini dapat memudahkan kita dalam menjawab ketika nanti ditanya oleh assessor tentang kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi tagihan di borang akreditasi”, lanjut dosen PBI UNTIDAR yang akrab disapa bu Lili ini.

Kegiatan workshop ini ditutup oleh Prof. Dr. Sukarno, M.Si. Dalam pidato penutupnya Prof. Dr. Sukarno, M.Si. menyampaikan bahwa workshop ini lebih mengarah pada sharing ilmu. “Semoga jalinan kerja sama antar universitas tetap terjaga”, tutup beliau. (EJ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY