Tumbuhkan Pengetahuan Berorganisasi, Himapro di Lingkungan FKIP UNTIDAR Adakan LKMM-PD

0
54

Perguruan tinggi merupakan tempat belajar bagi mahasiswa. Kegiatan belajar dibidang akademik yaitu mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik merupakan kewajiban utama bagi mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga dapat belajar mengenai kemampuan dan ketrampilan yang tidak diajarkan dalam kegiatan perkuliahan, seperti berorganisasi. Kemampuan berorganisasi penting dimiliki oleh mahasiswa sebagai bekal saat menghadapi kehidupan yang sesungguhnya di masyarakat dan tempat kerja.

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapro) di lingkungan FKIP UNTIDAR telah mengadakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pradasar (LKMM-PD). Himpro PBSI menyelenggarakan kegiatan LKMM-PD pada hari Minggu, 19 November 2017, sedangkan Himapro PBI (EDSA) mengadakan LKMM-PD pada hari Sabtu, 25 November 2017. Peserta kegiatan LKMM-PD adalah mahasiswa baru dan mahasiswa semester 3 yang belum mengikuti LKMM-PD dari Prodi PBSI, Prodi PBI, dan Prodi IPA. Menurut salah satu panitia, Novia Indri Susanti, LKMM-PD merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh HIMAPRO dan bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan berorganisasi terutama bagi mahasiswa baru. LKMM-PD wajib bagi mahasiswa, sehingga jika mahasiswa baru belum mengikuti LKMM-PD pada tahun ini maka mereka wajib mengikuti LKMM-PD tahun depan. LKMM-PD juga menjadi prasayarat bagi mahasiswa yang berniat untuk mendaftarkan diri sebagai pengurus Himpro.

Materi yang sampaikan pada LKMM-PD meliputi analisa potensi diri dan motivasi berprestasi, pengelolaan organisasi eksekutif dan legislatif, manajemen waktu dan teamwork, serta membentuk sikap kritis mahasiswa. “Materi yang disampaikan di LKMM-PD sangat bermanfaat. Saya menjadi tahu bagaimana cara mengembangkan kemampuan diri dengan baik”, ujar Utami Dian Pertiwi, salah satu peserta LKMM-PD. Selain itu, Nur Laela, peserta LKMM-PD yang lain mengatakan “Kegiatan LKMM-PD telah menambah pengetahuan saya mengenai organisasi kemahasiswaan dan kerjasama. Saya juga dapat mengenal teman-teman dari prodi lain”.

Benarlah ungkapan kampus adalah miniatur kehidupan. Mahasiswa harus belajar untuk menjadi manusia yang menguasai bidang kompetensi pendidikan, terampil, bertanggungjawab, dan bermoral. Hidup mahasiswa!

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY