Untidar Bersastra melalui Gelar Sastra

0
130
Salah satu penampilan mahasiswa dalam Gelar Sastra 2016
Salah satu penampilan mahasiswa dalam Gelar Sastra 2016.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar (Himpro PBSI) mengadakan acara Gelar Sastra pada Jumat (17/6). Acara yang dimulai pukul 14.30 WIB itu bertema “Menuju Senja dengan Bersastra.” Selain Mahasiswa PBSI, acara ini juga dimeriahkan oleh mahasiswa-mahasiswa dari fakultas lain di Untidar, seperti Fakultas Pertanian, Ilmu Sosial dan Politik, Teknik, dan Ekonomi. Beberapa tampil mewakili komunitas, beberapa lainnya kelompok pribadi.

Acara dibuka oleh Koordinator Program Studi PBSI Untidar, Rangga Asmara, S.Pd., M.Pd. “Acara ini sebagai ruang bagi seluruh Mahasiswa Untidar untuk menampilkan bakat-bakat sastra mereka yang sebelumnya masih terpendam,” ujar Rangga Asmara. Mohammad Dwi Raharjo, ketua panitia, juga menambahkan acara ini bertujuan untuk mengakrabkan sastra kepada para pemuda, khususnya mahasiswa. “Sastra tidak hanya milik orang tua, tapi orang-orang muda juga harus bersastra,” imbuhnya.

Sebanyak 130 orang memenuhi lapangan parkir FKIP Untidar sore itu. Hadir pula Sastrawan Magelang, Bambang Eka Prasetya, yang turut membacakan puisi. “Acara ini dimeriahkan dengan 13 penampilan dari mahasiswa, dosen, dan pegiat sastra. Diantaranya baca puisi, musikalisasi puisi, akustik, nyanyi tunggal dan grup, serta stand up comedy, ” tambah Sela Trilastari, sekretaris Gelar Sastra.

Meskipun sempat diguyur hujan, para peserta tetap bertahan sampai acara selesai sekitar pukul 19.00 WIB. Rangga Asmara menambahkan antusias mahasiswa dalam bersastra menumbuhkan semangat bagi Progam Studi PBSI FKIP Untidar untuk menyediakan wadah bagi mereka melalui kegiatan-kegiatan sastra lainnya.

Gelar sastra merupakan agenda tahunan Himpro PBSI. Kali ini, acara tersebut bertepatan dengan bulan Ramadan sehingga diadakan juga pembagian takjil untuk seluruh peserta. (Asri)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY