Aksi Galang Dana untuk Mahasiswa FKIP yang Terkena Musibah Longsor

0
362
photo by edsa

Musibah longsor yang terjadi di daerah Salaman-Purworejo pada (17-18/1) membuat rumah salah satu mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris 2018 FKIP Universitas Tidar, Kesi Fitriana, terkena dampaknya. Rumah yang beralamat di Dusun Brigasan, Desa Tugurejo, Tempuran ini mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga Kesi beserta keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya. Dengan adanya musibah ini, orang tua Kesi merasa keberatan dengan biaya kuliah yang akan dibayarkan.

Menindaklanjuti musibah longsor yang menimpa mahasiswi PBI tersebut, dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Sukarno, M. Si. beserta salah satu dosen PBI, Sri Sarwanti, S. Pd., M. Hum., mendatangi keluarga Kesi pada (19/1) yang pada saat itu masih mengungsi di rumah tetangganya. Dalam kunjungan tersebut, Prof. Dr. Sukarno, M. Si. dan Sri Sarwanti, S. Pd., M. Hum. melihat kerusakan rumah Kesi akibat musibah longsor tersebut dan memberikan sumbangan secara langsung. Sri Sarwanti, S. Pd., M. Hum. menuturkan bahwa rumah keluarga Kesi dan kerabatnya yang terletak di bagian bawah dan dekat dengan jurang cukup rawan terkena longsor. Untuk menghindari adanya longsor susulan, Kesi dan kerabatnya mengungsi ke rumah tetangga terdekat. Reruntuhan yang ditimbulkan oleh musibah longsor ini membuat rumah Kesi perlu dibersihkan dan diperbaiki di beberapa bagian, terutama bagian dapur. Untuk meringankan beban Kesi dan keluarganya, FKIP, khususnya dosen dan tendik, menggalang dana melalui kotak sumbangan yang dihimpun dari hari Rabu-Jum’at (23-25/1) untuk kemudian disalurkan kepada Kesi dan keluarga.

Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, EDSA, juga menggelar penggalangan dana melalui rekening EDSA Peduli. Koordinator penggalangan dana, Yusuf Yuliyanto, mengungkapkan bahwa donasi dihimpun dari tanggal 19 Januari sampai 24 Januari. EDSA Peduli mengajak seluruh sivitas akademika Universitas Tidar  untuk membantu meringankan beban Kesi dan keluarga. Pada (25/1) donasi yang terkumpul langsung diserahkan kepada Kesi dan keluarga oleh perwakilan EDSA dengan mendatangi kediamannya. Donasi tersebut berupa uang tunai dan beberapa pakaian. [YF]

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY