[:id]Prima Ferry, Publikasikan Karya Ilmiah Lewat Seminar Internasional LLTC[:en]Prima Ferry, Published Scientific Work Through LLTC International Seminar[:]

0
1859

[:id]

Salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang dosen yakni melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Tak berhenti sampai di situ, luaran dari kegiatan Tri Dharma PT adalah setiap dosen diharuskan untuk mempublikasikan hasilnya dalam pertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional. Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP – Untidar, C. Prima Ferry Karma, M. Pd., usai menjadi pemakalah pada Seminar LLTC pada Jumat s.d Sabtu, (3-4/10) di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. LLTC (Language and Language Teaching Conference) adalah sebuah konferensi/seminar tentang bahasa dan pengajarannya yang diselenggarakan setiap tahun di Universitas Sanata Dharma. LLTC tahun 2017 mengangkat tema “Empowering Learner’s Autonomy” dengan mengundang keynote speakers Thomas Robb dari Kyoto Sangyo University, Prof. Dr. Stephen J. Hall dari Sunway University, dan Paulus Kuswandono, Ph.D. dari Sanata Dharma University.

Pada kesempatan itu “Pak Ferry”, begitu beliau acap dipanggil,  menyampaikan hasil penelitiannya tentang peningkatan kemampuan berbahasa Inggris para satpam di lingkungan Balai Konservasi Candi Borobudur menggunakan Role Play. Beliau mengungkapkan tentang pentingnya kemampuan berbahasa Inggris bagi satpam di sana. “Hal ini menjadi penting bagi mereka untuk berkomunikasi dengan turis asing, karena pada hari libur pengunjung bisa sampai lima puluh ribu per hari. Satu hal juga yang menjadi sangat penting untuk ditingkatkan adalah motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris,” ujarnya.

Menurut hasil penelitiannya para satpam di sana mempunyai motivasi yang kurang tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan cara menggunakan aktivitas  Role Play. Role Play atau bermain peran adalah suatu aktivitas yang umum digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara seorang pembelajar bahasa. Dengan menggunakan aktivitas  Role Play, pembelajar akan lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya. Meskipun belum mendapatkan hasil maksimal, beliau mengungkapkan bahwa teknik ini bagus untuk diterapkan pada aktivitas pembelajaran berbicara. (TP)

[:en]

It is a must for a lecturer to do Tri Dharma Perguruan Tinggi which includes teaching, doing research, and social service. Not merely doing the three, every lecturer is required to publish the results in scientific meetings both nationally and internationally as one of the outcomes of them. A Lecturer of English Education Study Program (PBI) of FKIP – Untidar, C. Prima Ferry Karma, M. Pd., became a speaker at LLTC Seminar on Friday to Saturday, (3-4/10) at Sanata Dharma University, Yogyakarta. LLTC is abbreviation of Language and Language Teaching Conference is a conference/ seminar on language and teaching held annually at Sanata Dharma University. LLTC in 2017 took the theme of “Empowering Learner’s Autonomy” by inviting Thomas Robb from Kyoto Sangyo University, Prof. Dr. Stephen J. Hall of Sunway University, and Paulus Kuswandono, Ph.D. from Sanata Dharma University as keynote speakers.

On that occasion “Mr. Ferry”, he was often called, delivered his research on improving the English language skills of the guard at the Conservation Hall of Borobudur Temple using Role Play. He stated about the importance of English proficiency for the security guard there. “It is important for them to communicate with foreign tourists, because on holidays, visitors can be up to fifty thousands per day. One thing that is very important to be improved is their motivation in learning English, “he said.

According to the results of his research the security guard there has a low motivation. One way to improve it is by using Role Play activity. Role Play is an activity that is commonly used to improve the speaking ability of a language learner. By using Role Play activity, learners will be more motivated to improve their abilities. Despite not getting the most out of it, he revealed that this technique is good to be applied to speech learning activities. (AL)

[:]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY